Baru Berlayar Lagi, Kapal Pesiar Royal Caribbean Temui Covid



                                    Kapal pesiar Royal Caribbean. (AFP/JOE RAEDLE)


Jakarta, Seorang penumpang kapal pesiar Royal Caribbean dinyatakan positif Covid-19. Kejadian itu membuat kapal harus kembali ke Singapura lebih awal.
Kapal Quantum of the Seas itu baru memulai kembali pelayaran akibat pandemi viru corona. Kapal tersebut melakukan pelayaran tanpa tujuan hanya untuk warga Singapura sejak beberapa hari lalu.

"Seorang penumpang di Quantum of the Seas dinyatakan positif virus corona setelah dites oleh tim medis kami," kata operator kapal, Royal Caribbean International dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/12) seperti dikutip dari Channel News Asia.

Semua penumpang dan kru yang melakukan kontak dekat dengan orang itu telah diidentifikasi, diisolasi. Mereka semua dinyatakan negatif terkena virus.

"Kapal pesiar akan kembali ke pelabuhan sesuai dengan protokol pemerintah, dan akan menurunkan penumpang setelah peninjauan pelacakan kontak selesai," kata Royal Caribbean International.


Perusahaan pelayaran juga bekerja sama dengan Pemerintah Singapura untuk mencegah penularan lebih luas.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sistem menyeluruh yang menguji dan memantau semua penumpang dan kru serta mengikuti praktik terbaik kesehatan masyarakat," katanya.

Direktur Singapore Tourism Board (STB) untuk pengembangan kapal pesiar Annie Chang mengatakan bahwa rencana tanggap darurat telah diaktifkan sesuai dengan pedoman.

Ini termasuk pembersihan kapal secara menyeluruh, selain isolasi langsung dari kontak dekat dan pelacakan kontak.

"Semua kontak dekat telah dites negatif. Kesejahteraan dan keselamatan komunitas lokal kami, serta penumpang dan awak tetap menjadi prioritas utama," katanya.

"Semua penumpang menjalani tes Covid-19 wajib sebelum naik, dengan tindakan kebersihan dan keselamatan yang ketat diterapkan selama perjalanan."

Kapal pesiar Royal Caribbean's Quantum of the Seas mulai berlayar untuk berkelana selama tiga dan empat malam mulai 1 Desember lalu. Kapal tersebut baru memulai kembali pelayaran sejak terhenti pada Maret lalu.

Berdasarkan data statistik Wolrdometer, Singapura hingga kini memiliki 58.285 kasus Covid-19 dan 29 kematian.


Sumber :cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.