Beda Kimchi dan Pao Cai, 'Acar' yang Buat China-Korsel Ribut

Kimchi mendadak ramai dibicarakan. Bukan gara-gara drama Korea alias drakor tapi karena jadi rebutan antara China dan Korea. Apa beda pao cai dan kimchi? (iStockphoto/4kodiak)


 

Kimchi mendadak ramai dibicarakan. Bukan gara-gara drama Korea alias drakor melainkan karena jadi rebutan antara China dan Korea Selatan.

Perseteruan itu terjadi setelah China mengklaim kimchi sebagai salah satu sajian khas China.

Tak dimungkiri, makanan yang diawetkan seperti acar memang jadi makanan tradisional banyak negara. Kimchi adalah salah satu jenis makanan awetan dari Korea dengan bahan dasar sayuran sawi putih.

Sama halnya dengan Kimchi Korea, China juga punya jenis acar sayurnya sendiri yang bernama pao cai.



Apa bedanya kimchi dengan pao cai?

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea berupa sayur yang difermentasi dan diguyur dengan bumbu pedas.

Berdasar sejarahnya, kimchi dulu dibuat dengan cara meletakkan sayuran berbumbu tersebut dalam sebuah tong gerabah besar dan dipendam dalam tanah. Dalam perkembangannya, kimchi hanya diletakkan dalam tong tanah liat tanpa dipendam.

Kimchi sendiri merupakan cara utama untuk menyimpan sayuran dan bahan makanan selama musim dingin. Kimchi memiliki rasa yang unik menggabungkan antara garam, manis, asam, dan gurih yang bisa membantu menambah nafsu makan.

Mengutip berbagai sumber, Kimchi berawal setidaknya pada periode awal Tiga Kerajaan (37 SM ‒ 7 M). Dalam Catatan Tiga Kerajaan, teks sejarah Tiongkok yang diterbitkan pada tahun 289 M, menyebutkan bahwa "Orang Goguryeo ahli dalam membuat makanan fermentasi seperti anggur, pasta kedelai, dan ikan asin dan difermentasi. Sejarah Three Kingdoms of Korea, juga menyebutkan stoples acar yang digunakan untuk memfermentasi sayuran, yang menandakan bahwa sayuran yang difermentasi umumnya dimakan pada masa ini.

Kini dalam perkembangannya, Korea memiliki ratusan jenis kimchi, dari sawi putih, lobak putih, sampai daun bawang.

Makanan pendamping ini, juga disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena kaya akan anti-oksidan, Kimchi bisa menekan risiko penuaan dan kanker. Selain itu juga rendah kalori, jadi baik dikonsumsi untuk mengontrol berat badan. Kimchi memiliki paprika yang mengandungcapsaicinyang membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Kimchi adalah sumber serat makanan yang baik, terutama untuk mengatasi sembelit. Diketahui bahwa bakteri asam laktat dalam Kimchi tumbuh dan matang dengan memproduksi berbagai jenis asam untuk mencegah zat karsinogenik terbentuk dan menekan pertumbuhan hibrida usus.

Seiring bertambahnya umur Kimchi, terdapat juga 

Pao cai, Kimchi ala China

Pao cai adalah sejenis acar yang berasal dari China. Mirip seperti kimchi, pao cai dibuat menggunakan kubis, batang sawi, kacang panang, paprika, lobak, wortel, dan jahe.

Mengutip berbagai sumber, pao cai ini biasanya menjadi salah satu bahan campuran dala masakan China, terutama aliran Sichuan.

Hanya saja perbedaan paling terlihat antara kimchi dengan pao cai terletak pada pemakaian cabai. Jika Kimchi berwarna merah maka pao cai memiliki warna putih.

Foto: iStockphoto/Stanislav Ostranitsa
Suan cai makanan tradisional yang dibuat dari campuran pao cai dengan daging babi

Proses fermenasi pao cai menggunakan air garam, bawang putih, adas, dan lada Sicuan.

Perseteruan antara kimchi dan pao cai di media sosial terjadi setelah China memenangkan sertifikasi internasional ISO. Ini merupakan standar yang dilaporkan oleh Global Times sebagai standar internasional untuk industri kimchi yang dipimpin oleh China.

Hal ini memicu perdebatan antara China dan Korea di media sosial dan dianggap sebagai 'pencurian budaya.'


Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.