BP2MI Gerebek Penampungan TKI Ilegal




    Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan penggerebekan tempat penampungan tki ilegal di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis  (24/12/2020). Petugas menyelamatkan 28 orang calon pekerja rumah tangga yang akan diberangkatkan ke Timur Tengah. Selain itu, petugas meminta pelaku yang merupakan penyalur jasa tki ilegal untuk menyerahkan diri.




Sebanyak 28 calon pekerja migran Indonesia atau tki ilegal  berhasil diselamatkan oleh BP2MI dari penampungan yang berada di sebuah rumah berlantai dua yang berada di Jalan Rambutan, Kelurahan Baru, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Mereka sudah ditampung selama 15 hari terakhir. Namun tiga orang lainnya telah diberangkatkan ke  Abu Dhabi. Salah satu calon tki mengaku  tidak mengetahui bahwa penyalur jasa pemberangkatan tki tersebut ilegal. 

Kepala BP2MI Benny Rhamdani menegaskan pemerintah telah menghentikan pemberangkatan tki ke negara Timur Tengah sejak tahun 2015 silam. Maka jika ada yang memberangkatkan tki setelah tahun 2015 dinyatakan ilegal. Petugas meminta kepada wanita penyalur tki ilegal bernama Azizah menyerahkan diri // 

Sementara penampungan tersebut diketahui setelah adanya kerumunan yang dilaporkan oleh warga. Para calon tki juga telah dirapid tes oleh pihak puskesmas setempat. Para calon tki langsung dibawa ke rumah perlindungan dan trauma center atau RPTC Bambu Apus untuk sementara waktu dan nantinya akan di pulangkan ke kediamannya masing-masing.


Sumber :ntv

No comments

Powered by Blogger.