Dilarang Pakai Garpu hingga Jangan Membalik Ikan, Ini 5 Aturan Makan di Sejumlah Negara


Adanya Iritasi atau Bisul Pada Sistem Pencernaan

Selain menggunakan sendok dan garpu, Indonesia juga memiliki cara lain dalam urusan mengonsumsi makanan. Yaitu menggunakan tangan kosong.

Bagi masyarakat dunia mungkin terkesan aneh, namun cara makan ini sudah jadi tradisi. Tak hanya Indonesia, beberapa negara di dunia juga punya aturan dalam urusan makan.

Bahkan, aturan makan di sejumlah negara ini ada yang dikaitkan dengan masalah keberuntungan.

Seperti dikutip dari laman CNN, Selasa (29/12/2020) berikut 5 aturan makan di sejumlah negara:

1. Jangan Gunakan Garpu di Thailand

Ilustrasi Mi Instan


Selama ini orang Indonesia bisa makan menggunakan sendok dan garpu. Namun di Thailand, garpu hanya digunakan sebagai pengatur makanan di piring.

Apabila Anda ingin memasukan makanan ke dalam mulut bisa gunakan sendok atau sumpit. Sebab, garpu bukan alat utama.

2. Jangan Tancapkan Sumpit di Piring Berisi Nasi

Wanita Korea Selatan makan menggunakan sumpit metal (Pixabay)
Wanita Korea Selatan makan menggunakan sumpit metal (Pixabay)

Di Jepang masyarakatnya menggunakan sumpit sebagai alat makan. Namun, bukan asal makan. Mereka juga memiliki aturan yang sudah lama dianggap sebagai sebuah tradisi.

Pantangannya adalah menancapkan sumpit di mangkuk nasi saat sedang makan. Masalahnya, sumpit yang ditancapkan di mangkuk dengan berisi nasi biasanya ada di pemakaman.

Sehingga cara semacam ini tidak diperbolehkan dilakukan saat sedang makan. Lebih baik letakkan sumpit di meja atau atas mangkok tersebut.



3. Makan Menggunakan Tangan Kanan di Timur Tengah, India dan Beberapa Negara Afrika

Mencicipi Aneka Makanan Vegetarian di Festival Bengaluru Aaharotsava
Seorang koki memajang aneka hidangan yang ditawarkan di sebuah kedai makanan dalam festival Bengaluru Aaharotsava, Bangalore, India, Jumat (18/10/2019). Lebih dari 100 kios hadir dalam Bengaluru Aaharotsava. (Manjunath Kiran/AFP)


Tradisi makan dengan menggunakan tangan kanan (tanpa alat bantu) di Indonesia juga ada di sejumlah negara. Negara tersebut meliputi sejumlah kawasan di Timur Tengah, India dan negara Asia lainnya.

Di India Selatan, Anda sama sekali tak boleh menyentuh makanan dengan tangan kiri. Bahkan Anda tak boleh menyentuh piring yang berisi makanan dengan tangan kiri.

4. Jangan Makan Roti Sebagai Appetizer di Prancis

Ilustrasi Roti

Apabila Anda ke Eropa, tepatnya Prancis maka ada sebuah aturan yang perlu Anda ketahui. Saat makan di Prancis, jangan sekali-kali memakan roti sebagai makanan pembuka.

Roti yang tersedia di sana, bisa disantap dengan menggunakan menu utama. Jika tidak ingin memakannya, Anda bisa menaruhnya begitu saja di meja.

5. Jangan Membalik Ikan di China

makanan saat haid

Lazimnya, saat kita makan ikan maka akan ada dua bagian (sisi) yang dagingnya bisa dikonsumsi. Namun jangan melakukan hal itu saat sedang makan di China dan Hong Kong.

Sebab, membalik ikan diyakini membawa nasib buruk, Hal ini disebut sebagai Dao Yue. Oleh karenanya ada kebiasaan filled daging ikan sehingga tak perlu dibalik.



Sumber : liputan6.com

No comments

Powered by Blogger.