Elkie CLC Ajukan Pemutusan Kontrak, Agensi Diduga Langgar Syarat Ini



Chong Ting Yan alias Elkie CLC mengajukan pemutusan kontrak kepada agensinya, Cube Entertainment. Berdasarkan pernyataan dari kuasa hukumnya, Jing Shi Law Firm, Elkie CLC mengklaim bahwa agensi telah melanggar beberapa syarat dan ketentuan dari kontrak eksklusif. Padahal Elkie CLC telah menjalankan kewajibannya.

Terhitung ada tiga poin yang disorot sebagaimana ditulis dalam pernyataan tersebut. Kuasa hukum juga memberikan waktu 15 hari sejak pernyataan diterima Cube Entertainment untuk memenuhi salah satu poin yang disorot. Lantas, apa saja poin tersebut? Simak berita selengkapnya di bawah ini.

Pernyataan Elkie CLC Melalui Kuasa Hukum


Jelang akhir tahun kabar mengejutkan datang dari salah satu personil CLC, Elkie. Idol K-Pop asal Hongkong itu mengajukan pemutusan kontrak kepada agensi yang menaunginya selama ini, Cube Entertainment.


Dalam pernyataan yang dirilis oleh kuasa hukum, Elkie CLC membeberkan sejumlah poin yang mengklaim bahwa agensi telah melanggar syarat dan ketentuan dari kontrak eksklusif. Berikut pernyataan dari kuasa hukum, Jing Shi Law Firm, seperti dilansir IntipSeleb dari Koreaboo, Sabtu, 26 Desember 2020.

“Kepada Cube Entertainment. Kami adalah penasihat hukum Nona Chong Ting Yan (nama asli Elkie) dan kami mengirimkan surat ini terkait masalah pemutusan kontrak eksklusif antara Nona Chong dan perusahaan karena alasan berikut. Menurut pernyataan dan materi yang diberikan kepada kami, Nona Chong menandatangani kontrak eksklusif dengan Cube pada Februari 2016,” begitu isi pernyataannya.

“Dalam kontrak tersebut, dinyatakan bahwa Cube akan menjadi agen pengelola eksklusif untuk kegiatan hiburan Nona Chong. Setelah penandatanganan kontrak, Nona Chong bergabung dengan girl grup CLC, dan memenuhi tanggung jawab yang diuraikan dalam kontrak, mengikuti pedoman dan pengaturan perusahaan, dan mendedikasikan waktunya untuk pelatihan akting juga,” sambungnya.

Tiga Poin yang Dilanggar Cube Entertainment Menurut Elkie CLC
 

Meskipun sudah menjalankan kewajibannya seperti yang tertulis dalam kontrak, Elkie mengklaim agensi justru melanggar sejumlah syarat dan ketentuan. Terhitung ada tiga poin yang dipaparkan dalam pernyataan. Poin pertama pendapatan dari Elkie CLC selama masa kontrak dikumpulkan oleh Cube Entertainment. Namun, agensi tidak pernah merilis laporan pendapatan atau detail apapun kepada Elkie.

“Kedua, setelah penandatanganan kontrak, Nona Chong memenuhi tanggung jawab yang diuraikan dalam kontrak, dan berpartisipasi dalam jadwal yang diharuskan dan diatur oleh Cube Entertainment. Namun, Cube Entertainment tidak membayar Nona Chong untuk aktivitas aktingnya sebagaimana diuraikan dalam Pasal 6.4 dalam kontrak eksklusif,” ungkapnya.

Selanjutnya karena adanya perubahan dalam manajemen dan struktur internal agensi, diinformasikan kepada anggota CLC tidak ada lagi dukungan di tahun 2020. Sejak itu, agensi tidak memberikan rencana untuk masa depan Elkie.

Berdasarkan poin-poin tersebut, maka tindakan dari Cube Entertainment dianggap telah melanggar kontrak dan menghambat perkembangan Elkie di industri hiburan. Tidak hanya pernyataan mengenai klaim pelanggaran yang dilakukan oleh agensi. Pihak kuasa hukum yang mengeluarkan pernyataan atas nama Elkie turut menginformasikan beberapa hal lain.

“Pertama, mulai hari Anda menerima surat ini, kontrak eksklusif antara Nona Chong dan Cube Entertainment diakhiri. Kedua, dalam waktu 15 hari setelah menerima pemberitahuan ini, Cube Entertainment akan memberi Nona Chong laporan laba rugi yang sesuai untuk aktivitasnya selama periode kontrak dan detail kontaknya untuk melanjutkan penyelesaian,” jelas pernyataan tersebut.

Apabila Cube Entertainment menolak, maka pihak Elkie akan menggunakan cara hukum guna melindungi kliennya.

Perubahan Profil Weibo Elkie


Kabar dari Elkie CLC ini menjadi perbincangan. Melalui cuitan di media sosial Twitter, penggemar memberikan dukungan kepada Elkie dengan menggunakan tagar ThankYouElkie. Perempuan kelahiran 2 November 1998 ini juga diketahui telah mengganti nama dan header akun Weibo miliknya. Sebelumnya, tertulis nama grup CLC dan kini sudah dihapus.

Elkie sendiri memulai kariernya bersama CLC di tahun 2016 lalu. Dia bergabung menjadi member baru bersama Kwon Eunbin. Dalam grup pelantun Black Dress itu, Elkie mendapat posisi sebagai vokalis.

Selain aktif bersama grup, Elkie CLC juga melebarkan sayap ke dunia akting. Pada tahun 2018, dia menjadi salah satu pemain dalam drama Korea, Rich Family’s Son sebagai Mong Mong. Ditahun yang sama, Elkie juga merilis single solo berjudul I Dream.

Merasakan ketidakadilan, Elkie CLC akhirnya mengajukan pemutusan kontrak dengan agensi, Cube Entertainment. Sementara itu, belum ada keterangan dari agensi mengenai sikap yang diambil oleh Elkie CLC.

Sumber :intipseleb.com

No comments

Powered by Blogger.