Foxconn Taiwan berencana untuk memperluas pabrik di India meskipun ada insiden Wistron

Foxconn mengumumkan pada bulan Juli rencananya untuk berinvestasi hingga US $ 1 miliar untuk memperluas fasilitas di India selatan

Logo Foxconn (foto Reuters)

TAIPEI - Foxconn mengatakan rencananya untuk memperluas pabrik di India selatan tetap tidak berubah meskipun terjadi kerusuhan di pabrik Taiwan lainnya.

Pada 12 Desember, protes oleh sekitar 2.000 pekerja di sebuah pabrik di Narasapura di negara bagian Karnataka, India, yang dijalankan oleh pembuat chip elektronik kontrak Wistron Corp yang berbasis di Taiwan berubah menjadi kerusuhan. Insiden itu dipicu oleh perselisihan perburuhan dan miskomunikasi antara setidaknya enam kontraktor yang terlibat dalam perekrutan karyawan, menurut The Times of India .

Sumber anonim mengatakan kepada CNA bahwa Foxconn akan terus memperhatikan perkembangan terkait insiden Wistron. Laporan itu juga mengatakan bahwa operasi Foxconn di India tidak terpengaruh oleh protes ini.

Foxconn mengoperasikan dua pabrik di India, satu di Sriperumbudur di negara bagian Tamil Nadu, dan satu lagi di Narsapur yang terletak di negara bagian Andhra Pradesh. Pabrik Sriperumbudur membuat iPhone XR dan iPhone 11 milik Apple, sementara fasilitas mereka di Narsapur antara lain membuat smartphone untuk Xiaomi Corp China.

Produsen elektronik Taiwan pada Juli lalu mengumumkan akan menginvestasikan hingga US $ 1 miliar untuk memperluas pabrik Sriperumbudur mereka. Rencana ekspansi diharapkan berlangsung selama tiga tahun dan menciptakan sekitar 6.000 pekerjaan baru. (SG)




Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.