Hidup Dengan Mertua Merasa Seperti Pembantu, Harus Bagaimana?

Mature mother and  adult daughter  after quarrel  in home  interior

Saya seorang istri yang saat ini tinggal dengan mertua, dikarenakan saya dan suami belum bekerja. Suami memiliki 2 anak dengan pernikahannya yang dulu, dan saat ini tinggal bersama kami. Pernah dulu di awal bekerja, mertua kurang setuju jika suami hendak kontrak rumah atau kost di dekat rumah. Akhirnya sampai dengan sekarang kami masih tinggal dengan mertua yang penuh dengan drama.

Hidup dan tinggal bersama ibu mertua menuntut saya harus ekstra sabar. Kadang ketika hatinya kurang enak dengan saya karena kurang sejalan saja sudah didiamkan berhari-hari. Saya juga tinggal di sini mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga hingga mengajari kedua anaknya. Tetapi ibu mertua merasa apa yang saya kerjakan masih kurang. Kadang, saya merasa bahwa saya di sini ini sebagai pembantu, bukan menantu. Saya sudah berusaha mencari pekerjaan tetapi belum juga ada kabar baik dan diterima bekerja.

Saya bingung, apa yang harus saya lakukan? Saya ingin mengontrak rumah sendiri, tetapi kondisi belum bekerja. Seandainya suatu saat suami sudah bekerja pun, saya yakin mertua tidak mengizinkan untuk tinggal pisah dengan beliau, sedangkan saya tidak betah hidup bersama ibu mertua.

(Caya)