Indonesia-Venezuela Serukan Penguatan Hubungan Bilateral

Indonesia-Venezuela serukan penguatan hubungan bilateral. Foto/Ilustrasi


CARACAS - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Venezuela Imam Edy Mulyono mengundang Wakil Menteri untuk Asia, Timur Tengah, dan Oseania Kementerian Luar Negeri Venezuela , H.E. Ruben Dario Molina untuk menghadiri resepsi makan malam. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas potensi kerja sama ekonomi kedua negara.

Resepsi yang diadakan pada Kamis (17/12/2020) itu merupakan perkenalan Imam kepada mitranya selaku perwakilan baru Indonesia di Caracas. Selain itu, Imam dan para tamunya juga membahas upaya untuk lebih mempererat kerja sama kedua negara, termasuk diantaranya pengembangan Nota Kesepahaman antara Indonesia dan Venezuela mengenai konsultasi bilateral, serta pembahasan potensi kerja sama ekonomi antar negara.

“Hubungan antara Indonesia dan Venezuela sangat penting, terutama dalam situasi global saat ini di mana kerja sama selatan-selatan sangat penting," kata Imam.

"Sejalan dengan itu, kesempatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengapresiasi upaya luar biasa yang dilakukan oleh kedua negara untuk memperkuat kerjasamanya. Masih ada ruang untuk perbaikan untuk memperkuat sinergi kita, terutama di bidang perdagangan dan pariwisata,” sambungnya dalam rilis yang diterima Sindonews, Sabtu (19/12/2020).

Wakil Menteri Molina juga menyampaikan harapannya untuk hubungan yang lebih kuat antara Venezuela dan Indonesia, serta Venezuela dan ASEAN.

“Kami yakin bahwa hubungan yang kuat antara Venezuela dan Indonesia akan membantu memperkuat dan membina hubungan dengan negara-negara Asia. Dengan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, kerja sama antara Amerika Latin dan ASEAN bisa semakin intens di masa mendatang,” ujarnya.

Selain makan malam, beberapa pertunjukan budaya disajikan untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya dan beragam kepada para tamu. Pertunjukan seni dan kerajinan Indonesia, peragaan busana pakaian tradisional Indonesia dari seluruh nusantara, pertunjukan tari tradisional asli ibu kota Jakarta, dan demonstrasi pencak silat Indonesia dipertontonkan kepada para tamu.

Hubungan bilateral Indonesia-Venezuela terjalin 61 tahun yang lalu. Sejak saat itu, kedua negara menjalin kerja sama di berbagai bidang, termasuk saling dukung pencalonan dalam forum multilateral. Imam menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Maduro di Istana Miraflores pada tanggal 23 November 2020 lalu, menandai dimulainya tugasnya sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Bolivarian Venezuela.



Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.