Jangan Cemas, Turunkan Demam dengan 8 Cara Rumahan Ini

Sakit demam (Foto: Times of India)

Demam merupakan peningkatan suhu inti tubuh yang melebihi batas normal atau di atas 38◦ C. Seperti yang diketahui bahwa demam tinggi adalah salah satu gejala yang ditimbulkan dari virus covid-19 dan membuat banyak orang cemas akan hal ini.

Walaupun membuat badan tidak enak, sebenarnya demam adalah tanda bahwa tubuh berfungsi dengan baik dalam melawan infeksi atau penyakit.

Namun, demam perlu diberi perhatian agar terhindar dari penurunan kekebalan tubuh yang bisa menjangkit virus berbahaya ini. Menurunkan suhunya bisa dilakukan di rumah sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter dengan tips menurut Dokter Natalie Geary dan Dokter Nicole Swiner seperti yang dilaporkan laman Byrdie.

1. Cek suhu dengan termometer

Terlepas dari perasaan cemas akan terkena gejala umum virus covid-19, diperlukan pengecekan suhu tubuh dengan akurat. Bukan hanya diukur dari perasaan dingin atau panas. Gunakanlah termometer. Entah itu termometer inframerah atau termometer rektal.

“Inframerah bagus karena pemakaiannya yang tidak memerlukan kontak kulit, tapi bisa satu derajat lebih rendah dari suhu oral. Maka dari itu, baik untuk menggunakan termometer rektal,” Dokter Geary menjelaskan.

2. Tetap terhidrasi

Minumlah cairan untuk membantu menormalkan lagi suhu tubuh. Ketika terjadi dehidrasi, tubuh tidak bisa menjalankan fungsi alaminya. Mengisi kembali cairan ke dalam tubuh dapat mempercepat proses pemulihan.

3. Minum obat

Kedua dokter di atas menyarankan untuk meminum Tylenol atau Ibuprofen dengan dosis yang tepat daripada aspirin. Dua obat ini akan membuat demam merespons dengan mengurangi suhu tubuh dalam dua hingga tiga jam ke depan.

4. Bikin berkeringat

Membuat tubuh berkeringat adalah pengobatan rumahan yang baik. Saat mengeluarkan keringat demam, pakailah pakaian yang adem agar tetap nyaman. Tapi metode ini tidak direkomendasikan pada anak kecil dan orang tua.

5. Mandi air hangat

Dokter Geary menyarankan untuk menghindari mandi dengan air dingin karena akan membuat tubuh menggigil. “Mandilah menggunakan air hangat karena dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan keringat,” dia menambahkan.

 

6. Kompres

Dikompres menggunakan air hangat maupun dingin adalah pilihan yang baik untuk mengurangi demam. “Kompres dengan air dingin di kepala,” ujar Dokter Swiner.

 

7. Dukung sistem kekebalan tubuh

Penelitian dari Harvard Medical School 2020 menunjukkan bahwa dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh sangat sederhana dan murah. Cukup jalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok, istirahat, makan makanan sehat dengan teratur, dan kurangi stres.

8. Hubungi dokter

Saat sudah melakukan cara-cara di atas tapi demam tidak kunjung membaik dan menimbulkan gejala gemetar atau bahkan kejang, segeralah hubungi dokter.

Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.