Kisah Unik Volkswagen Kodok Antipeluru dari Italia

Lelang Volkswagen Beetle antipeluru masih berjalan dan hingga kini lelang tertinggi masih di angka Rp44,4 juta. Foto/Getyourclassic.

JAKARTA - Baru-baru situs Get Your Classic melelang mobil VolskwagenBeetle, yang di Indonesia akrab disapa VW Kodok, dengan cerita dan fitur unik. Volkswagen Kodok itu ternyata memiliki fitur keamanan tinggi yakni antipeluru dan tak bisa dibuka apabila ada potensi kejahatan terjadi.

Kehadiran VW Kodok antipeluru itu justru jadi antitesa mobil-mobil keamanan tingkat tinggi yang selalu tampil dalam bentuk mobil mewah atau mobil sport. Mobil antipeluru itu justru tampil sederhana dalam bentuk VW Kodok.

Ternyata kehadiran Volkswagen Beetle antipeluru itu punya cerita sendiri. Disebutkan Autoindustriya, pada tahun 1970-an tingkat kriminalitas di Italia sangat tinggi dan mencemaskan. Penculikan dan penyerangan yang dilakukan oleh kelompok kriminal Italia seperti Costa Nostra, Anonima Sarda dan Brigate Rosse kerap menargetkan orang-orang kaya di Italia.


Aksi kejahatan itu membuat banyak orang kaya Italia merasa khawatir. Selain itu mereka juga cemas akan keselamatan anggota keluarga mereka. Mengendarai mobil-mobil mewah tentu jadi hal yang sangat mencolok. Alhasil mereka berupaya menutupi kekayaan mereka dengan mengendarai mobil-mobil sederhana. Salah satunya adalah Volkswagen Beetle.

Masalahnya tampilan sederhana dianggap tidak cukup. Mereka harus yakin kendaraan roda empat itu bisa memberikan perlindungan maksimal buat mereka apabila penyamaran mereka terungkap. Mereka pun berupaya memberikan fitur keamanan di Volkswagen Beetle.


Misalnya kaca antipeluru yang sanggup menahan serangan senapan mesin. Selain itu plat baja yang digunakan mobil juga bertambah tebal hingga tiga centimeter. Blok mesin juga juga dibuat antipeluru agar tetap bisa berjalan meski diserang. Nah yang menarik pintu ini tidak bisa dibuka jika pengguna di dalamnya tidak menginginkan. Bahkan pintu itu bisa memberikan setruman listrik guna mengamankan penumpang yang ada di dalamnya.


Jadi dari tampilannya yang sangat sederhana, ternyata Volkswagen Kodok ini memiliki teknologi keamanan yang cukup canggih. Situs Get Your Classic sendiri sudah membuka lelang mobil itu sejak beberapa waktu lalu. Saat ini harga lelang tertinggi baru mencapai 2.600 Euro atau setara Rp44,4 juta. Sebuah harga yang sangat rendah untuk mobil dengan spesifikasi keamanan yang tinggi.


Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.