Libur Nataru, Wamenkes: Lonjakan Kasus COVID-19 Tak Bisa Dihindari

Foto: Sehat Negeriku


Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan ucapan selamat Natal 2020. Budi mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Di masa libur panjang saat ini, saya ingin mengucapkan selamat Natal kepada rekan-rekan yang merayakan. Tolong pastikan bahwa hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat. Jangan lupa tinggal di rumah dan terus memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak," kata Budi saat konferensi pers di saluran YouTube Kemenkes RI, Jumat (25/12/2020).

Budi mengatakan penerapan protokol kesehatan perlu terus dilakukan. Menurutnya, hal ini agar tidak terjadi penularan saat atau sesudah berlibur.

Dante menilai, untuk menekan angka kematian, Kemenkes telah menyiapkan beberapa hal. Di antaranya ketersediaan obat hingga jumlah tenaga medis yang terpenuhi.


"Ini yang harus kita lakukan terus, untuk mencegah jangan sampai nanti sesudah liburan yang kita lakukan bersama keluarga, kemudian ada keluarga kita yang terkena," kata Budi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan lonjakan jumlah kasus setelah masa liburan tidak bisa dihindari. Namun, menurutnya, penting untuk memastikan tidak meningkatnya angka kematian.

"Mungkin lonjakan kasus tidak bisa dihindari. Pasti akan ada. Tetapi yang paling penting lagi di dalam lonjakan kasus tersebut adalah angka kematian yang tidak boleh semakin meningkat," kata Dante.

Dante menilai, untuk menekan angka kematian, Kemenkes telah menyiapkan beberapa hal. Di antaranya ketersediaan obat hingga jumlah tenaga medis yang terpenuhi.

"Untuk mendapatkan angka kematian yang tidak semakin meningkat tersebut, kita melakukan kunjungan yang efektif hari ini sehingga semua ketersediaan obat-obatan, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis terpenuhi," pungkasnya.


Sumber :detik.com

No comments

Powered by Blogger.