Makan Pakai Tangan Kosong Ternyata Beri Banyak Manfaat Kesehatan, Apa Saja?

Ilustrasi makan pakai tangan kosong. (Foto: Migrationology)

SIAPA yang paling senang makan tanpa menggunakan sendok alias makan pakai tangan kosong? Pasti ada di antara kalian yang lebih menyukai hal tersebut.

Ini bukanlah hal yang perlu dijadikan permasalahan. Ini hanyalah pilihan berdasarkan kemauan pribadi. Budaya makan pakai tangan kosong sendiri sudah ada sejak dahulu sebelum ditemukannya peralatan.


Namun akhir-akhir ini, banyak orang yang justru tidak suka melihat orang lain yang makan hanya menggunakan tangan kosong. Mereka mengira hal tersebut justru terlihat kurang modern.

Dengan peralatan makan yang berkilauan dan mewah menjamur di seluruh dunia, kebanyakan orang merasa makan dengan sendok lebih nyaman.

Tetapi tahukah kamu bahwa makan dengan tangan kosong memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? Melansir dari Indiatimes, Rabu (16/12/2020), berikut ini empat manfaat makan dengan tangan kosong.


1. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan menggunakan tangan kosong adalah olahraga yang bagus dan dapat membantu sirkulasi darah. Hal ini terlihat ketika mencampur makanan menjadi satu atau membentuk suapan. Menggunakan tangan membuat sendi dan jari bergerak yang setara dengan latihan tangan apa pun.

2. Membantu menjaga porsi makanan

Makan dengan tangan kosong adalah proses yang relatif lambat dibandingkan makan dengan sendok. Dengan demikian, kamu tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengunyah makanan, tetapi juga makan lebih sedikit dari jumlah yang biasa dimakan dengan sendok.

3. Pencernaan lebih baik

Tangan, perut, dan usus adalah rumah bagi beberapa bakteri yang dikatakan dapat melindungi dari penyakit. Makan dengan tangan kosong membantu bakteri ini masuk ke tubuh dan melindungi sistem pencernaan agar tidak terkena bakteri berbahaya. Pastikan selalu mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air sebelum makan.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Makan dengan sendok dan peralatan makan berkorelasi dengan makan lebih cepat yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Ini mungkin menyebabkan diabetes tipe 2.


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, orang dengan diabetes tipe 2 lebih cenderung menjadi pemakan cepat yang menggunakan peralatan makan, dibandingkan dengan orang tanpa kondisi tersebut. Telah dibuktikan bahwa makan dengan tangan memperlambat proses makan dan dengan demikian, mencegah terkena diabetes tipe 2.

Namun, berhubung ada beberapa tempat dan waktu tertentu yang mewajibkan makan menggunakan alat makan yang disediakan, mau tidak mau harus tetap menggunakan alat makan dalam situasi tersebut.

Situasi yang dimaksud adalah ketika sedang menghadiri pesta, pertemuan dengan orang penting, makan di tempat yang mewah seperti hotel atau mal, hingga ketika makan makanan yang berkuah atau hanya bisa dimakan dengan alat tertentu. Jadi, tetap harus melihat situasi kondisi ya.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.