Makanan bayi yang terbuat dari nasi di Taiwan terkontaminasi kadmium

Pihak berwenang meluncurkan investigasi ke sumber kontaminasi

Makanan bayi di Taiwan terkontaminasi kadmium  (foto CNA)

TAIPEI - Empat dari 20 sampel makanan bayi yang terbuat dari beras yang dibeli di Taiwan utara ditemukan mengandung kadmium yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, tulang, dan otak pada bayi.

Sampel tersebut termasuk 11 produk sereal beras dan 9 wafer yang sedang tumbuh gigi, yang dibeli secara online dan di pengecer dari Taipei dan New Taipei pada bulan Juli, menurut Yayasan Konsumen , yang mengadakan konferensi pers mengenai inspeksi tersebut pada hari Senin (14 Desember).

Empat produk bermasalah, semuanya diproduksi di Taiwan, ditemukan mengandung kadmium pada tingkat antara 0,05 dan 0,3 ppm, melebihi batas keamanan 0,04 ppm. Mereka dibuat oleh Open Seeds (喜 稼 園), Want Want (旺旺), Yifeng Food (義 峰 食品), dan Sanlea (三 立).

Perusahaan sekarang menghadapi denda antara NT $ 30.000 (US $ 1.066) dan NT $ 3 juta yang melanggar Undang-Undang yang Mengatur Keamanan dan Sanitasi Pangan. Mereka juga dapat diperintahkan untuk menangguhkan atau menghentikan bisnis dalam keadaan yang parah.

Pengungkapan tersebut telah memicu kekhawatiran keamanan tentang sumber produk beras, dengan pejabat Dewan Pertanian (COA) menjanjikan penyelidikan atas kontaminasi kadmium. Menurut COA, hanya lima dari 589 sawah yang diperiksa tahun ini ditemukan terkontaminasi logam, tulis UDN. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.