Mantan duta besar Taiwan menyumbangkan piano langka ke gedung konser Ceko

Donasi mengungkapkan dukungan kepada orang-orang Ceko untuk membela China

Mendiang Presiden Ceko Vaclav Havel (foto Maysing Yang) 

TAIPEI  - Mantan Duta Besar Besar Maysing Yang (楊 黃美幸) menyumbangkan piano langka ke aula konser di Republik Ceko untuk berterima kasih kepada orang-orang di negara Eropa Tengah yang telah membela Taiwan di hadapan orang Tionghoa ancaman.

Presiden Senat Ceko Miloš Vystrčil mengunjungi pulau itu dengan mengepalai 90 anggota delegasi dari 30 Agustus hingga 4 September meskipun ada ancaman pembalasan oleh Beijing terhadap kepentingan bisnis Ceko. Seorang pengusaha China membatalkan pesanan piano Petrof senilai NT $ 7 juta (US $ 248.000), yang kemudian diambil alih oleh yayasan miliuner Ceko Karel Komarek .

Untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada negara, Yang berkata bahwa dia menyumbangkan semut edisi khusus peringatan 150 tahun. Petrof 275 untuk konser grand piano di Rudolfinum Concert Hall di Praha.

Mantan diplomat itu mengumumkan langkah itu pada 18 Desember untuk menandai peringatan kesembilan meninggalnya mantan Presiden Ceko Václav Havel. Penulis dan aktivis hak asasi manusia mengunjungi Taiwan pada tahun 2004 dan berbicara atas nama demokrasi pulau itu dalam banyak kesempatan, termasuk pada sesi peringatan 50 tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1995.

Yang awalnya membeli piano, yang membutuhkan waktu lima tahun untuk membuatnya, sebagai tanda dukungan untuk kesulitan Petrof, tetapi karena Republik Ceko lebih suka instrumen langka itu tetap berada di dalam negeri, dia memutuskan untuk menyumbangkannya ke aula konser, rumah dari Orkestra Filharmonik Ceko.

Dalam rilis persnya, Yang mengatakan dia berharap “kedua negara dapat lebih memperdalam persahabatan dan kerjasama mereka, dan bahwa piano dapat menjadi monumen hidup untuk menghormati Presiden Václav Havel dan semua orang Ceko yang mencintai kebebasan yang telah mendukung Taiwan selama tahun. "

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.