Masa karantina di Malaysia dikurangi menjadi 10 hari


Pemerintah Malaysia mengubah kebijakan karantina wajib bagi warga negara yang datang ke negara tersebut. Jika sebelumnya diharuskan menjalani masa karantina 14 hari, mulai 14 Desember 2020, masa karantina di Malaysia kini hanya diberlakukan selama sepuluh hari.

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan pengurangan masa karantina berdasarkan hasil penelitian ilmiah terbaru yang menunjukkan bahwa risiko infeksi setelah karantina menurun secara signifikan setelah masa karantina.

"Rata-rata periode infeksi tertinggi terjadi pada minggu pertama setelah terpapar," katanya seperti dikutip Bernama.


Malaysia bukanlah negara pertama yang mengurangi masa karantina bagi warganya yang datang dari luar negeri. Inggris, Jerman, dan Belgia juga telah mengurangi periode karantina mereka, dari 14 hari menjadi sepuluh hari. Sementara itu, Prancis menurunkan masa karantina wajib bagi warga negara yang datang dari luar negeri selama tujuh hari.

Namun, Malaysia sendiri tetap melakukannya kuncitara ketat di negaranya dan penutupan kawasan perbatasan untuk masuknya warga negara asing untuk tujuan pariwisata, serta pemantauan ketat selama warganya menjalani masa karantina.

Malaysia juga masih membatasi pergerakan warganya (Perintah Kontrol Gerakan, MCO) sampai dengan 31 Desember 2020 setelah itu kebijakan tersebut akan direvisi kembali, apakah akan dilanjutkan atau tidak.

Buat yang berencana ke Malaysia untuk urusan penting, ikuti semua aturan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan disana ya!


Sumber : markicabs.com

No comments

Powered by Blogger.