Merkurius bisa turun hingga 5 derajat di Taiwan utara pada Malam Tahun Baru

Salju mungkin turun di pegunungan Taiwan pada Malam Tahun Baru, perkiraan langit cerah untuk matahari terbit pertama tahun 2021 di Taiwan barat

(Citra satelit CWB)

TAIPEI - Gelombang dingin yang diperkirakan akan datang pada Rabu (30 Desember) diperkirakan akan menyebabkan suhu turun hingga 5 derajat Celcius di Taiwan utara pada malam tahun baru.

Ahli meteorologi Daniel Wu (吳德榮) pada Senin (28 Desember) memperkirakan bahwa mulai Rabu, gelombang dingin akan bertiup dari utara akan membawa suhu turun hingga 10 derajat ke bawah di seluruh negeri. Dia menambahkan bahwa suhu dingin juga bisa diterjemahkan menjadi hujan salju, embun beku, dan es batu di daerah pegunungan Taiwan dengan ketinggian antara 800 dan 2.000 meter.

Wu menyatakan bahwa model terbaru dari Pusat Prakiraan Cuaca Jarak Menengah Eropa menunjukkan gelombang dingin pada hari Rabu yang menyebabkan suhu "beku" pada malam hari. Area terbuka Taiwan dapat melihat penurunan merkuri hingga 7 derajat, sementara suhu di daerah perkotaan kemungkinan akan turun hingga 9 atau 10 derajat, prediksi Wu, mewakili penurunan 15 derajat dalam 24 jam.

Dia memperkirakan bahwa pada Malam Tahun Baru, gelombang dingin akan membawa suhu terdingin yang terlihat di Taiwan utara sejauh musim dingin ini, dengan area datar berpotensi turun hingga 5 derajat. Wu memperkirakan 10 derajat atau lebih rendah untuk hampir seluruh Taiwan, kecuali Semenanjung Hengchun, dengan posisi terendah 7 hingga 8 derajat di wilayah metropolitan Taipei.

Dari tanggal 1-3 Januari, Wu memperkirakan bahwa saat gelombang dingin mulai melemah, suhu secara bertahap akan mulai naik pada siang hari. Namun, dia mengingatkan bahwa karena pendinginan radiatif, suhu malam akan tetap rendah pada malam hari dan dini hari.

Wu mencontohkan, model ECMWF terbaru menunjukkan gelombang dingin yang datang akan membawa udara kering. Oleh karena itu, curah hujan yang sering terlihat di bulan ini akan mulai berkurang.


Pada siang hari di Malam Tahun Baru, hanya sebentar, curah hujan lokal akan terlihat di utara dan timur laut, sementara di timur bisa terlihat hujan lebat, menurut Wu. Pada malam itu, hujan di seluruh Taiwan akan mereda.

Mengenai pemandangan matahari terbenam terakhir tahun 2020 dan matahari terbit pertama tahun 2021, Wu mengatakan bahwa dari Malam Tahun Baru hingga 3 Januari, Taiwan bagian barat akan mengalami cuaca cerah dan stabil. Sementara itu, bagian timur negara itu kemungkinan akan melihat langit mendung dengan sesekali turun hujan.

Dia memperkirakan Taiwan bagian barat akan melihat kondisi ideal untuk menyaksikan matahari terbenam terakhir dan matahari terbit pertama. Sedangkan di timur, langit akan berawan sebagian pada Malam Tahun Baru, sedangkan Hari Tahun Baru akan melihat awan dataran rendah disertai hujan ringan yang tersebar.

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.