Penjaga Pantai Taiwan menghitung biaya mengejar kapal keruk pasir China ilegal

CGA menghabiskan NT $ 600 juta untuk bahan bakar dari Januari hingga November

Penjaga Pantai mengambil tindakan terhadap pengerukan ilegal September lalu (CNA, foto CGA) 

TAIPEI - Administrasi Penjaga Pantai (CGA) menghabiskan NT $ 600 juta (US $ 21,3 juta) dari Januari hingga November untuk bahan bakar untuk mengusir 3.969 kapal pengeruk pasir ilegal dari China, laporan mengatakan Rabu (23 Desember).

Praktik tersebut telah berlangsung selama beberapa waktu tetapi menimbulkan kekhawatiran ekstra pada September lalu ketika lebih dari 100 kapal China muncul secara bersamaan di dekat pulau terpencil Matsu, menghambat lalu lintas laut setempat dan meningkatkan kekhawatiran lingkungan dan keamanan nasional.

CGA telah menempatkan salah satu kapal patroli yang lebih besar di daerah tersebut 24 jam sehari, sementara dalam kasus lebih banyak insiden di dekat Matsu atau pulau terpencil lainnya di Kinmen, sekarang juga dapat menghubungi China untuk mengambil tindakan, CNA melaporkan.

Anggota parlemen yang menanyai pejabat CGA di Legislatif Yuan Rabu menunjukkan bahwa jumlah kapal China yang mengeruk secara ilegal di wilayah Taiwan telah meningkat dari 71 pada 2018 menjadi 600 pada 2019 menjadi 3.969 sepanjang tahun ini. Sementara CGA telah memperkuat kehadirannya, ukuran masalahnya saja sudah menakutkan, kata para legislator.

Para pejabat mengatakan bahwa pihak berwenang China telah bekerja sama dengan mereka 64 kali untuk mencoba dan membasmi masalah di dekat Matsu, meskipun mereka tidak akan diizinkan untuk melakukannya lebih jauh di dalam wilayah maritim Taiwan, seperti Penghu di tengah Selat Taiwan.


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.