Penyakit Langka Mewabah di India, Penderita Kehilangan Tulang Rahang dan Buta

Ilustrasi. (Foto: Reuters)


NEW DELHI - Wabah penyakit langka yang dikenal sebagai mukormikosis telah menyebar di India di saat negara Asia Selatan itu menghadapi pandemi Covid-19, yang hampir mendekati 10 juta kasus. Menurut dokter, penyakit yang dipicu oleh Covid-19 itu memuliki angka kematian hingga 50 persen.

Pihak berwenang di negara bagian di utara dan barat India telah memperingatkan orang-orang setelah rumah sakit melaporkan penyebaran cepat infeksi jamur mematikan mukormikosis di seluruh wilayah tersebut. Setidaknya sembilan orang dilaporkan telah meninggal karena penyakit langka itu, dan lebih dari 100 lainnya telah dirawat di rumah sakit di Delhi dan Ahmedabad.

"Sejak laporan awal penyakit langka ini menyebar melalui berbagai media termasuk media, lebih banyak orang telah menghubungi rumah sakit. Sampai sekarang, lebih dari seratus orang sedang dirawat karena infeksi jamur hitam ini di rumah sakit yang berbeda di Delhi saja," kata Dr Manish Munjal , Konsultan Senior di Rumah Sakit Sir Ganga Ram kepada Sputnik.

Dokter mengatakan bahwa mengabaikan tanda-tanda awal penyakit langka ini bisa berakibat fatal.

“Hidung tersumbat, bengkak di mata atau pipi, dan hitam kering kerak di hidung adalah gejala awal infeksi. Tanda-tanda ini harus segera dilakukan biopsi di OPD dan dimulainya terapi antijamur sedini mungkin,” tambah Munjal.

Dokter mengaku juga menemukan beberapa kasus pada pasien non-COVID, namun sebagian besar infeksi ditemukan pada pasien Covid-19 yang sembuh. Dokter mengatakan frekuensi kasus serta morbiditas dan mortalitas yang tinggi belum pernah terlihat sebelumnya dan mengkhawatirkan.


Kepala Negara Bagian Rajasthan Ashok Gehlot juga telah memberi tahu orang-orang tentang negara bagian itu tentang mukoramisosis.

“Pada penyakit ini, terdapat risiko kerusakan banyak organ tubuh termasuk otak. Peringatan untuk penyakit tersebut telah dikeluarkan di Mumbai dan Ahmedabad," kata Gehlot.

Mucormycosis paling sering menyerang sinus atau paru-paru, dengan orang lain yang menderita penyakit kehilangan penglihatan, hidung, dan tulang rahang.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.