Pertumbuhan PMI Taiwan yang cepat menunjukkan pemulihan ekonomi yang lengkap

Optimisme tumbuh meskipun ada kekhawatiran tentang pandemi virus corona: CIER

Angka PMI Taiwan yang meningkat menunjukkan pemulihan ekonomi yang lengkap, 
kata CIER  (foto CNA)

TAIPEI - Indeks Manajer Pembelian (PMI) Taiwan terus tumbuh selama enam bulan berturut-turut, menunjukkan pemulihan ekonomi yang lengkap akan segera terjadi, sebuah lembaga pemikir terkemuka mengatakan Rabu (30 Desember).

Dalam survei PMI, Chung-Hua Institution for Economic Research (CIER) meminta data faktual kepada manajer tentang output, pesanan baru, harga, dan pekerjaan, yang mengukur keadaan ekonomi lebih akurat daripada jawaban tentang rencana dan ekspektasi, menurut kepada ekonom.

Indeks untuk Desember mencapai 61,3 persen, menandai peningkatan berkelanjutan selama enam bulan pada laju tercepat sejak Maret 2017, menurut laporan Liberty Times . Bahkan sektor mesin listrik dan peralatan terkait, yang menderita pandemi virus corona (COVID-19), mencapai 60 persen dalam survei terbaru, sebuah tanda pemulihan ekonomi yang lengkap, menurut CIER.

Sementara banyak bisnis masih khawatir tentang bagaimana pandemi akan terjadi, kegelisahan secara keseluruhan tentang virus telah turun secara drastis.

Indeks serupa untuk sektor non-manufaktur juga telah meningkat selama tujuh bulan, mencapai 55 persen pada Desember. Industri perhotelan adalah satu-satunya sektor yang mengalami penurunan kepercayaan, menurut survei CIER.


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.