Polisi Akan Tutup Total Jalan Sudirman-Thamrin Saat Malam Tahun Baru 2021

Suasana jalan di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (25/12/2020). Libur Natal dan Tahun Baru 2021 membuat jalanan di beberapa wilayah Ibu Kota terpantau lengang tanpa kemacetan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario mengantisipasi kerumunan massa pada saat malam tahun baru 2021. Salah satunya yakni melarang kendaraan dan manusia melintas di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.


"Direncanakan nanti malam tahun baru dan masih kita konsepkan lebih detail lagi, akan ada car free night bahkan crowd free night. Artinya di Jalan Sudirman-Thamrin kita rencanakan tidak boleh dilewati kendaraan dan tidak boleh dilewati manusia," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (28/12/2020).

Sambodo menjelaskan, kebijakan itu masih dibahas bersama instansi terkait dan pengusaha-pengusaha yang memiliki hotel di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

Intinya, kepolisian mengusulkan agar ruas jalan tersebut ditutup total. Penutupan jalan rencananya dimulai pada 31 Desember 2020 pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari 2021 dini hari.

"Masih kita bicarakan detailnya," ujar dia.
 
Siapkan Personel

Personel polisi menaiki motor saat mengikuti apel Operasi Lilin Jaya 2020 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (21/12/2020). Operasi Lilin Jaya 2020 berlangsung mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sambodo menjelaskan, telah mengatur jumlah personel yang dikerahkan untuk menjaga ruas jalan tersebut. Sambodo menyebut, personel juga ditempatkan di sejumlah lokasi wisata.

"Sudah ada kesepakatan tempat wisata tutup jam 5 sore tentu kita akan perkuat penjagaan di situ agar tidak ada yang nongkrong-nongkrong melewat batas yang sudah ditentukkan," ucap dia.

"Mudah-mudahan dengan bantuan masyarakat, TNI-Polri dan instansi terkait, perayaan malam tahun baru di Jakarta bisa aman, tertib dan paling penting sehat. Kita berupaya tidak ada kerumunan," dia menandaskan.

Sumber :liputan6.com

No comments

Powered by Blogger.