Punya 4,4 Juta Followers di Instagram, Persib Kalah dari Persija sebagai Klub Terpopuler ASEAN

Momen perkenalan skuad Persib untuk Liga 1 2020. (Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah)

Klub kebanggaan Kota Jakarta, Persija Jakarta, keluar sebagai klub terpopuler Asia Tenggara (ASEAN) versi polling AFC. Dalam polling yang diadakan dari Selasa 22 Desember hingga Jumat 25 Desember 2020 pukul 13.00 WIB, Persija Jakarta menyabet angka tertinggi (32,49 persen suara), mengalahkan Persib Bandung dan delapan klub ASEAN lainnya.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, AFC mengadakan polling dalam rentang 22-25 Desember 2020 untuk mencari klub paling populer di Asia Tenggara. AFC pun memasukkan 10 klub ASEAN yang memiliki basis suporter besar di Asia Tenggara.


(Persija klub terpopuler di ASEAN)

Mereka ialah Persija Jakarta (Indonesia), Arema FC (Indonesia), Persebaya Surabaya (Indonesia), Persib Bandung (Indonesia), Perak FA (Malaysia), Johor Darul Takzim (Malaysia), Hoang Anh Gia Lai FC (Vietnam), Hanoi FC (Vietnam), Buriram United (Thailand) dan Western Sydney Wanderers (Australia).

Karena itu, AFC mengundang fans klub-klub sepakbola ASEAN untuk meramaikan polling di atas, caranya dengan mengunjungi laman resmi AFC. Setelah sekira empat hari polling dibuka, kampiun Liga Indonesia 2001 dan 2018, Persija Jakarta, keluar sebagai klub terpopuler di ASEAN.

(Persib gagal terpilih sebagai klub terpopuler di ASEAN)

Ternyata, jumlah followers lebih banyak di Instagram tidak menjamin Persib Bandung keluar sebagai klub terpopuler ASEAN. Maung Bandung –julukan Persib–tercatat sebagai klub dengan followers-nya Instagram terbanyak di Asia Tenggara.

Jumlah followers Instagram Persib yakni @persib mencapai 4,4 juta. Jumlah tersebut jauh lebih banyak ketimbang Persija yang berada di angka 2,7 juta. Dalam polling AFC ini, Persib menduduki posisi ketiga dengan raihan 16,08 persen.

Lantas, bagaimana dengan Persebaya Surabaya dan Arema FC yang juga masuk nominasi? Persebaya Surabaya menduduki posisi lima dengan 6,12 persen suara. Sementara Arema FC menempati posisi enam dengan 4,67 persen suara.

(Skuad Arema FC saat berlatih sebelum pandemi Covid-19 menyerang)

Siapa tim yang menduduki posisi dua? Posisi dua ditempati juara Liga Malaysia dalam tujuh tahun terakhir (2014-2017) yakni Johor Darul Takzim (JDT).

Finis di posisi satu dan dua membuat Persija dan JDT lolos ke putaran final klub polling klub terpopuler di Asia, mewakili zona Asia Tenggara. Untuk zona Asia Tengah dan Selatan, diisi dua klub asal Iran yakni Tractor dan Persepolis FC.

Kemudian zona Asia Timur diwakili Shanghai Shenhua (China) dan Suwon Samsung Bluewings (Korea Selatan). Untuk zona Asia Barat, polling baru berakhir hari ini. Selanjutnya, polling putaran final akan diadakan mulai Minggu 27 Desember 2020.

Berikut 10 klub terpopuler ASEAN versi polling AFC:

1. Persija Jakarta - 32,49%

2. Johor Darul Takzim - 28,64%

3. Persib Bandung - 16,08%

4. Perak FA - 6,8%

5. Persebaya Surabaya - 6,12%

6. Arema FC - 4,67%

7. Hoang Anh Gia Lai FC - 2,65%

8. Buriram United - 1,61%

9. Hanoi FC - 0,93%

10. Western Sydney Wanderers - 0,26%




Sumber : oekzone.com

No comments

Powered by Blogger.