Selain Ikan Cupang, Mahar Pernikahan Ini Bikin Geleng Kepala, Salah Satunya Sandal Jepit

Mahar sandal jepit dalam pernikahan di Kebumen. (Foto: Facebook Berita Kebumen)


PERNIKAHAN adalah hal yang sakral dalam hidup manusia. Tak ayal apabila banyak masyarakat memberikan berbagai macam mahar yang unik kepada mempelai wanita agar terkenang seumur hidup. Saking uniknya, bahkan mahar-mahar ini tidak terpikirkan dan pastinya bikin geleng kepala.

Seperti belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan pernikahan sepasang mempelai dengan mahar sepasang ikan cupang blue rim di Kota Bekasi, Jawa Barat. Pria bernama Rizki Muhammad memilih memberikan mahar ikan cupang karena alasan hobi koleksi ikan cupang. Selain itu, ia menilai tidak banyak orang yang memberikan mahar ikan cupang dalam pernikahan, sehingga sangat membuatnya terkesan.

Sepasang ikan yang diberikan kepada wanita pujaan hatinya bahkan disebut merupakan ikan pilihan dan menjadi kesayangannya. Pasangan yang menikah pada 12 Desember 2020 lalu tersebut menyatakan cupang dengan jenis marble blue rim yang digunakan sebagai mahar dengan harga Rp2,5 juta.

Selain mahar ikan cupang tersebut, ternyata masih banyak mahar-mahar unik lainnya untuk pernikahan. Apa saja? Berikut daftarnya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Saham MNC Studios International

Dengan membeli 5 ribu lembar saham PT MNC Studios International Tbk (MSIN) senilai total Rp2,2 juta sebagai mas kawin, pasangan Arif Hidayat dan Dise Rahmawati secara sah melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada Jumat 10 Agustus 2018.

Menurut Arif Hidayat, dirinya memiliki alasan tertentu memilih mahar berupa saham yang senilai total Rp2,2 juta itu. Pria yang merupakan nasabah MNC Sekuritas ini mengaku ingin memperkenalkan sarana investasi dalam bentuk saham sekaligus memperkenalkan pasar modal.

2. Mahar Toyota Fortuner dan Honda Beat

Sosok Ucok Budianto sempat menjadi buah bibir pada 2019. Pria berusia 28 tahun yang berprofesi sebagai penjual bakso asal Desa Winong, Pati, Jawa Tengah, ini membuat geger karena memberikan mahar pernikahan yang tidak biasa yakni dua unit kendaraan sekaligus. Masing-masing motor Honda Beat dan mobil Toyota Fortuner seri VRZ.

Pernikahan Ucok Budianto yang mempersunting Mega Tristianti dianggap memecahkan tradisi maskawin di pelosok perdesaan. Sejumlah warga yang tergabung di Komunitas Anak Asli Pati (KAAP) dan Wong Pati Kidul (WPK) langsung memviralkan pernikahan yang hebat itu di dunia maya.

3. Mahar pernikahan dibawa menggunakan ambulans

Belum lama ini netizen juga dihebohkan dengan seserahan pernikahan yang diangkut menggunakan ambulans. Bahkan, ambulans itu menghidupkan sirene sepanjang perjalannya membawa seserahan yang lokasinya diduga berada di Palembang.

Dalam video terlihat dua orang mengenakan alat pelindung diri (APD) turun dari ambulans dan menyerahkan seserahan di acara pernikahan. Sejak dibagikan akun Twitter @areajulid, warganet mengutarakan kritikannya. Banyak yang menilai keluarga mempelai pengantin tidak peka di tengah pandemi covid-19.

Satuan Reskrim Polrestabes Palembang akhirnya mengamankan ambulans yang membawa seserahan pernikahan ini pada Selasa 20 Oktober 2020 sekira pukul 15.00 WIB. Kasat Lantas Kompol Yakin Rusdi mengatakan mobil ambulans sambil membawa seserahan tidak bisa dibenarkan.

"Kita bisa lihat dari peruntukannya, ambulans digunakan membawa seserahan itu tidak diperbolehkan," ujarnya.

4. Mahar sandal jepit

Sepasang mempelai yakni Budi Risdiyanto dan Julia Warasita asal Kebumen, Jawa Tengah, memilih sepasang sandal jepit untuk dijadikan maskawin saat mengucap ijab kabul di depan penghulu. Pernikahan dengan mas kawin sandal jepit ini lantas viral di media sosial setelah pemilik akun Nabilla Safira Yuriztya membagikannya di grup Facebook Berita Kebumen pada Minggu 30 Desember 2018 malam.

Disebutkan bahwa pernikahan itu berlangsung pada Sabtu 29 Desember 2018 pukul 07.30 WIB di kediaman mempelai wanita di Desa Sumberadi, Kecamatan Somalangu, Kebumen, Jawa Tengah. Mengenakan stelan jas dan peci hitam dengan mantap Budi mengucapkan ijab dengan lancar dan diikuti teriakan "sah" dari tamu yang hadir.

"Saya terima nikahnya Julia Warasita dengan maskawin sepasang sandal dibayar tunai," ucap Budi.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.