Suka Daun Pandan? Ketahui 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Minuman daun pandan. (Foto: Jcomp/Freepik)

DAUN pandan merupakan tumbuhan yang banyak digunakan sebagai ramuan atau bumbu. Tanaman ini populer di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain enak dan aromanya harum, ternyata daun pandan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Penelitian pendahuluan tentang daun pandan telah mengidentifikasi sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang diketahui mendukung kesehatan. Misalnya, daun pandan kaya akan vitamin A, senyawa penting untuk kesehatan mata yang bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Meski diperlukan lebih banyak penelitian, banyak manfaat kesehatan dari daun pandan yang telah ditemukan. Berikut manfaat lainnya, seperti dilansir Webmd, Rabu (16/12/2020).

1. Pereda nyeri sendi

Obat tradisional banyak menggunakan daun pandan karena bisa meredakan nyeri, terutama artritis atau nyeri sendi. Peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

2. Pencegahan penyakit jantung

Studi mendukung klaim bahwa daun pandan baik untuk jantung. Memang daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid yang sangat baik dan mengandung antioksidan. Ini diketahui mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung, karena penumpukan plak.

3. Obat luka bakar

Di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, serta masalah kulit lainnya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tannic dalam daun pandan memberikan tindakan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

4. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi daun pandan dapat membantu seseorang lebih mengontrol gula darah setelah makan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh daun pandan usai makan memiliki gula darah lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsinya.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.