Taiwan akan mengeluarkan peringatan gunung berapi pertama kali

Gunung Datun memiliki risiko terbesar karena kedekatannya dengan Taipei

Gunung Datun dekat Taipei adalah gunung berapi aktif (Wikicommons, foto peellden)

TAIPEI - Penduduk lingkungan di distrik Beitou Kota Taipei akan menerima pesan teks Selasa (29 Desember) pagi yang memperingatkan mereka tentang letusan gunung berapi dalam latihan serupa yang pertama kali di Taiwan.

Sistem Gunung Datun di utara Taipei dan Pulau Guishan di lepas pantai timur laut di Kabupaten Yilan telah ditetapkan sebagai gunung berapi aktif, yang berarti gunung berapi tersebut telah meletus setidaknya sekali dalam 10.000 tahun terakhir.

Meskipun tidak ada risiko bencana yang akan segera terjadi, pihak berwenang telah mempersiapkan krisis dan merancang langkah-langkah untuk merespons, CNA melaporkan Jumat (25 Desember). Karena jarak antara sistem Gunung Datun dan ibu kota kurang dari 20 kilometer, kerusakan di daerah tersebut tidak akan terhitung jika terjadi letusan.

Penduduk lingkungan Hutian (湖 田里) di Beitou akan menerima peringatan gunung berapi tiga menit antara pukul 10 pagi dan 10:30 Selasa, tetapi pesan Sistem Peringatan Publik akan menyertakan dengan jelas menyebutkan bahwa itu hanya latihan, menurut Laporan CNA.

Kementerian Dalam Negeri dan Biro Cuaca Pusat telah mengerjakan penanganan letusan gunung berapi sejak Juni 2018, merancang modalitas dan prosedur yang diperlukan untuk sistem peringatan tersebut.


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.