Tips Elon Musk Agar Inovatif, Bisa Dipelajari Siapa Saja


Elon Musk sebut menjadi inovatif bisa dipelajari semua orang (AFP/BRENDAN SMIALOWSKI)


Jakarta, Elon Musk memberikan tips agar setiap orang bisa inovatif. Apalagi menurutnya inovasi merupakan suatu hal yang bisa dipelajari setiap orang.
Elon Musk dikenal dengan predikat seorang inovator dengan ide-idenya yang menggoyahkan status quo. Ia memulai kiprah dengan membuat PayPal, yang mengubah skema pembayaran digital.

Ia pun membuat SpaceX, perusahaan yang ingin mendisrupsi peluncuran antariksa agar lebih terjangkau menggunakan roket yang bisa dipakai berulang kali. Ia pun mendorong pengembangan mobil listrik dengan mengembangkan Tesla.

CEO SpaceX ini mengatakan, cukup melakukan tiga hal untuk bisa terus berinovasi dan menciptakan produk baru. Tiga hal tersebut bisa dipelajari dan diterapkan oleh setiap orang.

Mencoba
Ide harus diwujudkan dengan mencoba langsung yang dibubuhkan dengan kerja keras agar inovasi tersebut berhasil.

Musk beranggapan, inovasi bukanlah suatu yang misterius. Kamu harus bersikap perfeksionis lalu mencobanya. Inovasi juga tidak perlu terobosan besar, hanya cukup dengan membuat produk yang dijual menjadi lebih baik dari produk sebelumnya.

"Langkah pertama, cobalah, sudahkah kamu mencobanya? Sudahkah kamu berusaha keras? Jika belum lakukanlah dengan usaha keras," katanya, dikutip dari Inc, Senin (14/12). 


Membuat bukan Mengkritik
Kebanyakan orang mengeluh ketimbang memberikan solusi, misal soal kemacetan. Tapi, tidak dengan Elon Musk. Ketimbang menggerutu soal masalah tertentu, ia mencari jalan keluar. Keluhan adalah tanda ada masalah yang bisa diselesaikan, seperti dikutip Forbes. 

Dengarkan Masukan
Untuk membuat sebuah produk menjadi lebih baik. Dengarlah segala masukan, pendapat, dan kritik dari orang-orang baik itu pelanggan atau bukan.

Kritik ini lantas digunakan untuk membaut produk yang lebih baik. Selain mendapat masukan dari luar, Anda juga harus bertanya kepada diri sendiri dan seluruh karyawan bagaimana membuat sebuah produk menjadi lebih baik.

Kamu bisa menggunakan penilaian subjektif dari para karyawan atau orang-orang di sekitarmu. Musk bahkan beranggapan, suatu produk yang tidak disukai pembuatnya, tidak mungkin disukai oleh orang lain.

"Pikirkan tentang apa yang kita miliki? Saya telah melakukan percakapan ini di Tesla beberapa kali di mana kami tidak menyukai produk ini tetapi kami pikir orang lain akan menyukainya, tapi cara kerjanya tidak seperti itu, jika kamu tidak menyukainya, jangan berharap orang lain menyukainya," kata Musk.

Bicara dengan Pelanggan
Menghabiskan waktu terlalu banyak di ruang konferensi pers atau di kantor akan membuat hal-hal umum menjadi kacau, kata Musk. Bagian terpenting adalah berbicara dengan pelanggan dan pergi ke lantai bawah, di mana tempat para karyawan bekerja.

Berbicara dengan pelanggan atau para pekerja membuat segalanya menjadi lebih baik, tidak jarang, inovasi juga muncul dari sini.

"Ketika saya menghabiskan terlalu banyak waktu di ruang konferensi, pada umumnya hal-hal menjadi kacau. Dan ketika saya menghabiskan waktu di lantai pabrik, atau benar-benar menggunakan mobil, atau memikirkan roket, saat itulah segalanya menjadi lebih baik," tuturnya.

Dengan bergabung bersama para pekerja, Musk meyakini karyawan akan bekerja lebih keras. Ia mengibaratkan langkah ini seperti sebuah pasukan yang sedang berperang bersama para jenderal di garis depan.

"Pasukan akan berjuang lebih keras jika mereka melihat sang jenderal bersama mereka, jadi pergilah ke garis depan," ujarnya.


Sumber :cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.