Tips Jaga Kesehatan saat WFO di Tengah Pandemi


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kementerian Kesehatan telah merilis tips jaga kesehatan saat WFO pada Mei 2020 lalu. Melalui tulisannya, BPOM mengajak seluruh masyarakat yang harus melakukan WFH untuk melakukan langkah pencegahan penyebaran virus corona di tempat kerja. Tentunya semua dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Berikut sejumlah tips jaga kesehatan saat WFO.

1.Menggunakan Masker

Sejauh ini ada tiga jenis masker yang direkomendasikan, yaitu:

  • Masker kain yang dipakai untuk orang sehat.
  • Masker bedah yang dipakai untuk orang sakit dan tim medis di fasilitas kesehatan.
  • Masker N95 yang dipakai untuk tim medis dan mereka yang melakukan kontak langsung dengan pengidap virus corona.

Jika kamu berada dalam kondisi kesehatan yang baik, kamu bisa memakai masker kain saja. Pemakaian maksimal masker kain adalah selama 4 jam. Jadi, jika kamu membutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk berada di luar rumah, jangan lupa untuk membawa cadangan masker kain. Untuk mencucinya, disarankan pada suhu 60–65 derajat Celsius. Jika kamu memakai masker bedah, jangan lupa mengguntingnya sebelum membuangnya, ya.

2.Membawa New Normal Essential Kit

New normal essential kit yang dimaksud adalah hand sanitizer, tisu basah berbasis alkohol, sabun cuci tangan, alcohol swabface shield, sarung tangan, serta alat lain yang diperlukan. Agar dirimu dan orang-orang di kantor lebih merasa nyaman, usahakan untuk membawa perlengkapan makan sendiri dari rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari potensi penularan virus dari peralatan makan yang dipakai secara bergantian.

3.Jangan Melakukan Pertemuan Jika Tidak Diperlukan

Suasana yang mendukung akan membuat kamu bekerja lebih produktif. Jika diharuskan untuk pulang lebih cepat, jangan pakai kesempatan tersebut untuk menghadiri pertemuan yang tidak penting, ya. Hangout dengan teman-temanmu di masa pandemi seperti sekarang ini merupakan salah satu hal yang tidak penting dilakukan. Alih-alih bertemu atau nongkrong, kamu bisa bersosialisasi secara virtual dengan video call.

4.Terapkan Jaga Jarak Aman

Menerapkan jaga jarak aman masih menjadi salah satu langkah efektif dalam mencegah virus corona. Oleh karena itu, tetap mengatur jarak aman dengan orang lain selama berada di luar rumah minimal 1 meter, ya. 

5.Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah langkah paling efektif dalam membunuh bakteri dan virus yang menempel di tangan. Oleh karena itu, lakukanlah cara ini sesering mungkin, dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, terutama setelah memegang atau menyentuh benda asing, sebelum menyentuh wajah, atau setelah batuk atau bersin.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan pergi bekerja jika badan tidak dalam keadaan yang benar-benar sehat. Dalam keadaan yang lemah, tubuh akan lebih rentan terserang virus. Hal ini juga dilakukan untuk melindungi teman sekantor agar tidak tertular penyakit yang kamu alami.

Sejumlah protokol kesehatan tersebut dapat membuat kamu kerja lebih produktif dan tidak takut tertular penyakit. Ingat, patuhi terus sejumlah protokol kesehatan yang telah ditetapkan saat berada di luar rumah. Pasalnya, bukan hanya dirimu saja yang harus dilindungi, tetapi juga orang terdekatmu yang sedang menunggu di rumah. (GS)

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.