Tradisi Warga Jepang Santap Ayam Cepat Saji di Malam Natal

Jika di Indonesia Natal selalu identik dengan sajian kue kering, warga Jepang justru menikmati ayam goreng siap saji di malam Natal.
Ilustrasi ayam goreng. (iStockphoto/MielPhotos2008)

Setiap negara memiliki tradisi Natal masing-masing. Jika di Indonesia Natal selalu identik dengan sajian kue kering, warga Jepang justru menikmati ayam goreng siap saji di KFC pada malam Natal. Setiap tahun, mereka memesan ayam goreng KFC untuk dinikmati bersama keluarga besar.

"Setiap tahun, saya memesan paket rame dan menikmatinya bersama keluarga. Rasa ayam KFC yang enak dan desain hadiah piring dari mereka sangat lucu," kata seorang pelanggan ayam KFC.

Tradisi unik ini rupanya telah berlangsung sejak pertengahan 1980-an. Pengaruh westernisasi yang kuat di masa itu mendorong warga berbondong-bondong membeli ayam KFC.

Melihat antusias warga yang begitu tinggi, Okawara kemudian membuat iklan bahwa ayam goreng KFC adalah makanan khas Natal orang Amerika. Ide tersebut datang dari pengalaman Okawara yang melihat anak-anak begitu antusias melihat sosok santa klaus. Menurutnya, sosok itu mirip dengan potret colonel sanders yang menjadi logo KFC.



Dalam memasarkan ide ini, Ia juga meluncurkan iklan besar-besaran yang menampilkan sebuah keluarga sedang menikmati pesta ayam goreng renyah dan lezat dengan lagu My Old Kentucky Home sebagai latar belakang.

Sejak saat itu, warga di Jepang percaya bahwa Natal harus dirayakan dengan menyantap ayam goreng KFC.

"Menjelang Natal, iklan ayam KFC diputar di TV, sajian di iklan itu terlihat sangat enak. Lalu kami memesan lebih awal lewat aplikasi, kemudian kami pergi ke toko pada waktu yang ditentukan untuk mengambil pesanan," kata pengunjung KFC.

Melansir CNN, setiap tanggal 24 Desember seluruh gerai ayam goreng KFC Jepang ramai pesanan. Penjualan mereka di hari tersebut bisa naik 10 kali lipat lebih banyak dari hari-hari biasa.

Selain iklan yang menarik, hidangan ayam goreng KFC juga mudah diterima dengan kultur Jepang.

Menurut CNN, ayam goreng mirip dengan hidangan tradisional Jepang populer yang disebut karaage. Hidangan ini terdiri dari potongan-potongan daging ayam atau ikan yang digoreng dengan tepung panko.

Warga Jepang juga memiliki tradisi berbagi makanan sehingga mereka mudah menerima paket-paket ayam goreng KFC yang datang dalam porsi besar lengkap dengan makanan pendamping serta hadiah menarik.




Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.