22 orang dirawat di rumah sakit karena keracunan karbon monoksida di kolam renang Tainan

8 orang dewasa dan 14 anak dirawat di rumah sakit setelah menderita keracunan karbon monoksida di YMCA Tainan

(Foto CNA)

Delapan orang dewasa dan 14 anak dirawat di rumah sakit pada hari Kamis setelah menderita keracunan karbon monoksida di kolam renang Young Men's Christian Association (YMCA) di Tainan, Taiwan selatan.

Biro Pemadam Kebakaran kota mengirim petugas dan ambulans ke kolam sekitar jam 5 sore, setelah menerima laporan bahwa banyak pengunjung merasa tidak enak badan, pusing atau muntah.

Detektor karbon monoksida menunjukkan bahwa tingkat gas beracun di kolam renang berpemanas ruang bawah tanah adalah 499 bagian per juta (ppm), jauh lebih tinggi dari tingkat rata-rata dalam ruangan 0,5 sampai 5 ppm.


22 dirawat di rumah sakit karena keracunan karbon monoksida di kolam renang Tainan
(Detektor karbon monoksida menunjukkan bahwa tingkat gas adalah 499 ppm. Foto Dinas Kebakaran Pemerintah Kota Tainan)

22 orang yang terkena dampak gas dibawa ke lima rumah sakit berbeda di Tainan, dan semuanya dalam kondisi stabil, menurut biro tersebut.


Tingginya tingkat karbon monoksida diyakini disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna di pemanas air di kolam, yang terjadi karena sakelar yang memungkinkan aliran udara ke pemanas belum dihidupkan, penyelidikan awal oleh biro ditemukan.

Namun, dua perwakilan YMCA menawarkan versi acara yang sedikit berbeda. Hou Cheng-yen (侯成彥) mengatakan kepada CNA bahwa semua siswa, orang tua dan guru dievakuasi dari gedung ketika insiden itu terjadi, tetapi mereka tetap tidak yakin bagaimana itu terjadi.

22 dirawat di rumah sakit karena keracunan karbon monoksida di kolam renang Tainan
Walikota Tainan Huang Wei-che berbicara dengan orang yang terkena dampak di YMCA. (Foto Pemerintah Kota Tainan)

Sebaliknya, Chen Chen-chieh (陳振傑) mengatakan YMCA akan memperbaiki peralatannya untuk memastikan tidak ada lagi kebocoran yang terjadi di masa mendatang.

Walikota Tainan Huang Wei-che (黃偉哲), yang mengunjungi tempat kejadian, mengatakan dia berencana untuk meminta semua bisnis di kota itu memasang detektor karbon monoksida di tempat mereka.

Di bawah Undang-Undang Kualitas Udara Dalam Ruangan Taiwan, tingkat karbon monoksida yang diizinkan adalah rata-rata 9 ppm selama periode delapan jam. Pemilik atau pengelola yang gagal menjaga standar kualitas udara akan diperintahkan untuk melakukan perbaikan dalam jangka waktu tertentu dan mereka yang gagal melakukannya dapat didenda NT $ 50.000 (US $ 1.744) hingga NT $ 250.000.
(Jz)

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.