4 Jenis Madu yang Baik untuk Masker Wajah, Bisa Bikin Kulit Cerah

Foto: Dokumentasi JMHI


Jakarta - Beberapa jenis madu baik untuk masker wajah. Madu dikenal juga sebagai pembersih wajah yang paling lembut dan efektif secara alami. Madu memiliki sifat antiseptik, antibiotik, antijamur dan antibakteri.

Madu yang bersifat antimikroba memiliki tingkat pH yang mirip dengan kulit dan kaya akan antioksidan. Madu juga dapat menghilangkan kotoran, penumpukan dan kulit mati tanpa mengupas minyak alami kulit.

Untuk kondisi kulit yang berjerawat dan eksim, madu mentah mungkin merupakan pembersih wajah alami terbaik.

Sebagian besar manfaat madu berasal dari kandungan hidrogen peroksida (H2O2). Ini merupakan antimikroba kuat yang dapat membunuh bakteri. Selain itu madu juga bersifat asam dengan pH antara 3 dan 4. Ini sangat baik untuk membunuh bakteri dan juga membersihkan sel-sel kulit mati.

Perbedaan Madu Mentah Vs Pasteurisasi
Kebanyakan jenis madu tidak bertuliskan 'Dipasteurisasi' pada kemasannya. Madu yang dipasteurisasi akan tetap lembut dikulit. Tetapi madu mentah memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang sangat baik.

Saat Anda mempasteurisasi madu, Anda memanaskannya untuk membunuh mikroba atau bakteri alami.

Apa Jenis Madu yang Baik untuk Masker Wajah?
Ada ratusan jenis madu. Madu diberi label menurut jenis bunga yang digunakan lebah atau wilayahnya.


Setiap madu memiliki konsistensi, kemanisan, rasa dan warna yang berbeda. Ini bervariasi tergantung pada jenis nektar yang dikumpulkan di wilayah tertentu.

1. Madu Acacia
Madu Acacia adalah madu dengan warna terang yang biasanya tidak banyak dipilih orang. Akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu acacia dapat membantu meningkatkan pembentuk kolagen.

Sebagai pembersih wajah dan lembut. Rasanya juga enak karena merupakan salah satu jenis madu yang paling manis. Meskipun rasanya manis, madu memiliki kandungan sukrosa yang sangat rendah dan kadar fruktosa tinggi.

Madu sangat baik untuk mengontrol kulit berminyak. 1 sendok teh madu yang dicampurkan dengan sedikit cuka sari apel dapat membantu merawat kulit berminyak yang rentan berjerawat.


2. Madu Buckwheat
Madu Buckwheat adalah jenis madu yang kaya akan pelembab dan cocok untuk kulit kering serta bersisik. Madu ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Peneliti dari UCD melakukan penelitian, 25 peserta mengonsumsi sekitar empat sendok makan madu buckwheat selama hampir sebulan. Sampel darah yang dihasilkan menunjukkan peningkatan kadar antioksidan polifenol.

Madu yang dicampurkan dengan alpukat bisa membantu melembutkan kulit dan menjaga kelembapan kulit. Oleskan campuran masker madu dan alpukat ke wajah dan leher dan diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat.

3. Madu Manuka
Madu Manuka banyak ditemukan di New Zealand. Madu ini termasuk jenis madu yang mahal. Madu Manuka sangat baik untuk kulit yang cenderung berjerawat. Madu Manuka terkenal untuk merangsang penyembuhan jaringan.

Madu Manuka bahkan dapat dioleskan langsung ke tempat yang berjerawat untuk membantu keringkan jerawat.

4. Madu Thyme
Madu Thyme adalah jenis madu yang baik untuk masker wajah untuk menyamarkan noda. Thyme telah terbukti memiliki lebih banyak efek antibakteri daripada benzoil peroksida.

Madu Thyme, jenis madu yang baik untuk masker wajah karena lebih melembabkan dan cocok untuk kulit kering hingga normal.


Sumber :wolipop.detik.com

No comments

Powered by Blogger.