5 Air Terjun Indah bak Negeri Kayangan di Bali

https: img.okezone.com content 2021 01 19 408 2347294 5-air-terjun-indah-bak-negeri-kayangan-di-bali-ewmsOIQXHu.jpg

MENDENGAR nama Bali pastinya membuat kebanyakan orang langsung berpikir tentang pantai berpasir putih yang menyuguhkan pemandangan indahnya atau deretan pura Hindu dengan nuansa alam yang khas.

Tapi, sebenarnya Pulau Dewata punya objek wisata lain yang tak kalah eksotis, salah satunya air terjun.

Air terjun di Bali belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan jika dibandingkan dengan pantai.

Nah, jika Anda ingin menikmati surga di Bali yang jauh dari keramaian, silakan ke 5 air terjun cantik ini yang pesonanya bak di negeri kayangan :

1. Air Terjun Suwat

Air Terjun Suwat merupakan tempat wisata yang 2019 lalu resmi dibuka. Lokasinya terletak di Desa Adat Suwat, salah satu desa yang memang tengah gencar mengembangkan potensi wisatanya.

Desa ini terkenal dengan festival Air Suwat yang rutin digelar setiap pergantian tahun baru masehi.

ilustrasi

Air terjun dengan lansekap menawan ini berada tidak jauh dari lokasi Pura Dalem Suwat. Akses jalan menuju lokasi air terjun sudah cukup memadai. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda akan melewati persawahan dan hutan yang asri sehingga lelahmu tidak akan terasa.

Pengelola kawasan wisata air terjun berketinggian 15 meter ini menyediakan pelampung yang dapat digunakan jika Anda ingin bermain air tapi tidak bisa berenang.

2. Air Terjun Aling-Aling

Berlokasi di Jalan Raya Desa Sambangan, kecamatan Sukasada, Air Terjun Aling-Aling menjadi destinasi air terjun berikutnya yang wajib dikunjungi. Meskipun popularitasnya belum terlalu besar, air terjun ini tak kalah menawan dari air terjun lain.

Dengan ketinggian kurang lebih 35 meter membuat guyuran Air Terjun Aling-Aling sangat deras menuju kolam air di bawahnya. Selain itu, terdapat tebing-tebing tinggi di sekeliling air terjun.

ilustrasi

3. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala kerap kali disebut dengan Banyumala Twin Waterfall karena terdapat dua air terjun yang letaknya berdampingan. Jalan yang harus dilalui untuk mencapai air terjun ini curam sehingga pengunjung harus mengeluarkan energi lebih banyak.

Namun begitu tiba dan melihat pemandangannya, usaha Anda akan langsung terbayar lunas.

Banyumala Twin Waterfall berlokasi di Desa Wanagiri, dekat dengan Danau Buyan. Mengingat bahwa masyarakat Bali menjunjung tinggi adat istiadat yang menghargai alam, maka wisatawan juga perlu menghargai alam yang dikunjunginya.

Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan dan menggunakan sabun deterjen di kolam air terjun.

4. Air Terjun Blemantung

Tersembunyi di antara tebing-tebing yang tinggi, Air Terjun Blemantung menawarkan pemandangan asri yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

Jalan menuju lokasi tergolong unik karena sangat beragam. Mulai dari jalan tanah yang di kanan kirinya terdapat blok semen untuk roda mobil, jalan berbatu, jembatan, sampai jalan setapak yang diapit perkebunan kopi.

Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini memiliki air yang bening dan segar. Kolam kecil di bawahnya bisa Anda gunakan untuk berenang atau sekedar bermain air.

ilustrasi

Keindahan Blemantung dilengkapi dengan lokasinya yang jauh dari keramaian kota sehingga suasana yang disuguhkan sangat tenang.

5. Air Terjun Tegenungan

Salah satu keunikan Air Terjun Tegenungan adalah lokasinya yang tidak berada di dataran tinggi atau kawasan pegunungan.

Air terjun yang mengalir di sungai Petanu ini terletak di perbatasan antara banjar Tegenungan dan Blangsinga di Kabupaten Gianyar.

Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 15 meter, debit air Tegenungan cukup besar.

Air Jika Anda ingin berenang, bermain air sambil menikmati keindahan alam atau berfoto dengan pemandangan menawan, air terjun ini layak masuk ke dalam tujuan berlibur Anda.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.