5 Tips Simpan Sambal Botolan di Rumah agar Awet dan Tetap Lezat

https: img.okezone.com content 2021 01 13 298 2343881 5-tips-simpan-sambal-botolan-di-rumah-agar-awet-dan-tetap-lezat-R45PY3FngM.jpeg
Sambal botolan (Foto : SAN)

Rasa pedas sambal dianggap cocok untuk menemani hidangan hingga dipercaya mampu menambah selera makan. Nah, belakangan ini, pencinta kuliner Nusantara tengah dihebohkan oleh kemunculan tren sambal botolan.

Selain menyuguhkan rasa yang lezat, jenis sambal ini juga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Umur simpan sambal botolan yang belum dibuka bisa sampai satu bulan lebih. Dan yang sudah dibuka, bisa bertahan 10 sampai 14 hari di suhu ruang. Kuncinya, Anda hanya perlu menyimpannya dengan teknik yang tepat.

Berikut MNC Portal rangkumkan 5 tips menyimpan sambal botolan yang baik dan benar, seperti dikutip dari siaran pers Sambal Ayam Nagih (SAN), Rabu (13/1/2021).

Hindari terkena matahari langsung

Sambal Botolan

Seorang peneliti makanan dari StateFoodSafety, Janilyn Hutchings mengatakan bahwa bakteri dapat berkembang biak pada makanan tertentu jika disimpan di suhu yang berbahaya, misalnya terlalu panas atau terlalu lembap.

Saat produk makanan tertentu dibiarkan terkena sinar matahari langsung, hal itu dapat menurunkan umur simpan makanan karena panas matahari dapat membuat makanan masuk ke zona temperatur berbahaya lebih cepat.

Simpan di kulkas

Semua orang tahu bahwa kulkas atau lemari pendingin diciptakan untuk membuat makanan memiliki umur simpan yang panjang dan tetap segar. Hanya saja, satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah isi kulkas itu sendiri.

Terlalu penuh atau menyimpan produk berbau menyengat juga akan mempengaruhi kualitas makanan lain di dalam kulkas. Selain itu kulkas juga jadi tidak dingin sehingga tidak bekerja secara maksimal



Simpan di freezer

Jika belum ada rencana untuk membuka produk sambal botolan dalam waktu dekat, Anda bisa menyimpan sambal di dalam freezer agar umur simpan bisa lebih panjang lagi.

Ambil dengan sendok bersih

Kontaminasi bakteri dari satu makanan ke makanan lain bisa sangat memengaruhi kualitas antara satu makanan ke makanan lain. Pastikan selalu menggunakan sendok bersih, bukan sendok yang bekas digunakan guna menghindari kontaminasi silang.

Sambal Botolan

Tambahkan minyak sayur

Tidak memiliki lemari pendingin atau kulkas? Coba gunakan cara tradisional ini. Minyak sayur dipercaya mampu mencegah bakteri di dalam sambal untuk berkembang biak yang berisiko merusak kualitas sambal. Jadi jika isi sambalnya lebih banyak daripada minyak, bisa ditambahkan minyak sayur hingga menggenangi seluruh permukaan sambal, dengan demikian bakteri tidak dapat berkembang biak.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.