8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang

https: img.okezone.com content 2021 01 20 622 2347717 8-cara-membiasakan-diri-menabung-lebih-banyak-uang-PylVcX7heP.jpg
Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

Sebagian besar orang mungkin sudah menyadari pentingnya menabung atau menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan di masa depan. Namun, tidak semua orang mampu mendisiplinkan diri untuk menabung secara konsisten.

Kebanyakan orang ingin menghemat lebih banyak uang, tetapi tanpa rencana yang tepat dan kebiasaan baik, akan sulit untuk mencapai tujuan finansial. Dengan berfokus pada keuntungan kecil, membuat tabungan otomatis, dan menahan godaan untuk meminjam uang, bisa membantu seseorang menuju stabilitas keuangan.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Kamis (21/01/2021), berikut ini cara membangun kebiasaan menabung lebih banyak uang yang harus diterapkan oleh semua orang.

1. Tabungan Kecil

Saat baru mulai menabung, tidak masalah mengawalinya dari jumlah yang kecil. Selama bergerak ke arah yang benar, fokus pada hal yang benar-benar penting yaitu membangun kebiasaan menabung.

Jika tidak yakin harus mulai dari mana atau berapa banyak yang harus dimasukkan ke rekening tabungan, gunakan metode menabung 1% dari pendapatan bulanan, dan tingkatkan sebesar 1% setiap bulannya.

2. Atur Transfer Otomatis

Menggunakan transfer otomatis dari rekening koran ke rekening tabungan, dapat membantu seseorang mulai menabung tanpa memikirkannya. Arahkan sebagian besar gaji ke rekening koran, dan sisihkan sebagian lagi ke dalam rekening tabungan.

3. Lakukan Tips dan Trik Rekening Tabungan

Cara terbaik untuk menabung bagi sebagian orang adalah dengan memiliki tujuan jangka pendek dan panjang. Idealnya, seseorang akan memiliki biaya hidup selama 3–6 bulan dan sebagian disisihkan untuk keadaan darurat. Tahan godaan untuk menggunakan dana darurat, dan jaga rekening tabungan. Disiplin diri untuk tidak melakukan penarikan kecuali dalam situasi paling buruk.

Penganggaran untuk tujuan tertentu seperti liburan dapat dimasukan dalam tabungan jangka pendek. Sementara tabungan jangka panjang untuk kebutuhan lebih besar, seperti uang muka rumah baru.

4. Pertanyakan Semua Pembelian

Berhenti membeli barang tanpa berpikir. Tanyakan pada diri sendiri apakah pengeluaran tersebut membawa kebahagiaan atau membantu mencapai tujuan tertentu. Jika itu bukan kebutuhan, seperti makanan, air, dan tempat tinggal, dan itu tidak membuat lebih bahagia atau membantu, maka hentikanlah.

5. Terapkan Tips untuk Memutuskan Pembelian

Salah satu cara paling mudah untuk memutuskan pembelian adalah dengan mempertimbangkan berapa banyak jam kerja yang dihabiskan untuk membelinya. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, gunakan satu hari untuk memikirkannya. Setelah 24 jam, mungkin seseorang akan merasa tidak benar-benar menginginkannya seperti yang dipikirkan.

6. Buat Anggaran

Salah satu alasan umum mengapa begitu banyak orang mencapai akhir bulan dan bertanya-tanya ke mana semua uang mereka pergi adalah karena mereka tidak memperhitungkan pengeluaran tambahan apa pun.

Anggaran dapat membantu mengontrol diri dan melacak pengeluran tak penting. Ini akan membantu melakukan upaya penghematan demi mencapai keuangan yang stabil.

7. Coba Anti-budget

Jika bosan atau lelah melacak pengeluaran dengan cermat, ada metode lain yang dikenal sebagai anti-budget. Tidak ada kategori anggaran yang perlu diperhatikan. Yang perlu diketahui adalah seberapa banyak yang mampu ditabung setiap bulan.

8. Jaga Tujuan Tetap Realistis

Untuk dapat berhasil menabung dengan konsisten, tetapkan tujuan sederhana yang realistis. Siapkan hadiah sesekali untuk diri sendiri. Misalnya, jika ketika memiliki tujuan jangka panjang dan berhasil menghemat sejumlah uang. Dengan memberi diri sendiri hadiah kecil, akan memperkuat gagasan bahwa yang sedang dilakukan saat ini, akan terbayar pada akhirnya.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.