8 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Memanggang Kue, Wajib Dihindari Ya


https: img.okezone.com content 2021 01 18 298 2346463 8-kesalahan-yang-sering-terjadi-saat-memanggang-kue-wajib-dihindari-ya-lxtkoB1YEX.jpg
Ilustrasi kue. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

MEMBUAT kue enak pastinya tidak terlepas dari teknik memasak yang benar. Mulai mencari resep terpercaya hingga memanggangnya.

Tapi sebagian orang kadang tidak memiliki kepercayaan diri lagi setelah melakukan banyak kegagalan membuatnya dan memutuskan untuk membeli kue jadi saja.

Sebenarnya kegagalan itu bukanlah masalah besar dan memang sering terjadi jika tidak memerhatikan cara masak kue dengan saksama.

Maka itu, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini yang sering terjadi saat memanggang kue, sebagaimana dijabarkan Chef Michelle Peris dalam laporan NDTV.

Kue sus kering isi cokelat

1. Tidak memanaskan oven terlebih dahulu

Memanaskan oven adalah hal yang paling sering dilupakan. Padahal ini merupakan bagian penting untuk menghasilkan kue yang sempurna. Selalu masukkan adonan saat oven sudah benar-benar panas.

2. Salah mengukur bahan-bahan adonan

Baik ukuran cangkir, sendok, atau gram akan sangat menentukan hasil kue yang didapat. Penting untuk menimbangnya secara tepat agar proses panggang konsisten dan sempurna.

3. Terlalu sering membuka oven

Berlakukan hanya membuka oven saat memeriksa kematangan atau memutarnya. Terlalu sering membuka tutup oven memungkinkan udara panas keluar sehingga suhu oven menurun dan menghasilkan kue yang gagal.

4. Adonan terlalu kering atau terlalu basah

Memanggang terlalu lama bisa membuat kue sangat kering, sementara terlalu sebentar akan membuat tengahnya lembek. Jika kekeringan terjadi, lubangilah permukaannya lalu berikan olesan sirup gula agar membuatnya lembap. Ketika tengahnya masih lembek, turunkan suhu oven ke 20–25 derajat Celsius dan lanjutkan memanggang.

5. Adonan tidak tercampur dengan benar

Saat terlihat gumpalan atau adonan kaku-kaku, mungkin kesalahannya terjadi saat tidak mengayaknya terlebih dahulu atau tidak mencampurnya dengan rata.

6. Suhu bahan-bahan kue yang salah

Sangat penting untuk mengikuti anjuran resep yang mengatakan mentega, susu, atau telur dengan suhu ruangan. Bukan masalah yang besar ketika harus sabar menunggu beberapa lama agar bahan-bahan tersebut berada pada suhu yang dibutuhkan.

Kue sehat. (Foto: Food NDTV)

7. Putih telur tidak mengembang

Masih berkaitan dengan suhu, telur yang mengembang dengan sempurna adalah telur yang bersuhu ruangan. Perlu diperhatikan juga tempat mengocok telurnya, pastikan kering dan tidak ada sisa air karena hanya akan membuatnya tidak mengembang.

8. Kue tidak matang merata

Saat kue tidak matang secara merata bisa jadi karena selama dipanggang adonannya berada di posisi yang sama. Sempatkan untuk memutarnya agar kue yang dihasilkan terpanggang sempurna.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.