9 Fakta Menarik Gedung Putih, dari Buaya sampai Berhantu

Gedung Putih, yang merupakan kediaman Presiden Amerika Serikat, sering disebut berhantu.
Gedung Putih, kediaman resmi Presiden Amerika Serikat. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Sepertinya keluarga Donald Trump sedang sibuk membereskan barangnya dari Gedung Putih, karena sebentar lagi bangunan bersejarah dan ikon Amerika Serikat itu akan ditempati oleh Joe Biden beserta keluarganya.

Pembangunan Gedung Putih dicetuskan oleh Presiden Amerika Serikat pertama, George Washington. Konstruksinya dimulai pada Oktober 1792 dan dibuka pada November 1800.

Penduduk Skotlandia, James Hoban, merancang Gedung Putih. Sebelumnya ia memenangkan sayembara merancang Gedung Putih.

Inspirasi Hoban dalam merancang gedung setinggi enam lantai ini adalah Leinster House, gedung parlemen Irlandia yang berada di Dublin.

Namun George Washington tak pernah menempati bangunan ini. Presiden AS ke-dua, John Adams menjadi orang yang pertama tinggal di sana.

Seluas lantai 5.100 meter persegi, Gedung putih memiliki 132 kamar dan 35 kamar mandi, 412 pintu, 147 jendela, 28 perapian, delapan tangga, tiga lift, lapangan tenis, arena bowling, bioskop mini, jalur jogging, kolam renang, hingga lapangan golf mini.

Sebanyak 3.300 orang bekerja untuk Gedung Putih. Sebelum pandemi virus Corona melanda, sekitar 20 ribu turis datang berkunjung setiap harinya.

Berikut sejumlah fakta menarik Gedung Putih yang menarik lainnya, dari kebakaran pertama hingga kabar berhantu:

Gedung Putih, yang merupakan kediaman Presiden Amerika Serikat, sering disebut berhantu.

Suasana bagian dalam Gedung Putih. (AFP/SAUL LOEB)

1. Buruh dan imigran

Atas gagasan Presiden AS pertama, George Washington, pembangunan Gedung Putih dimulai pada 13 Oktober 1792. Pekerjanya merupakan buruh dan imigran asal Irlandia, Skotlandia, dan negara Eropa lainnya. Pengerjaannya selesai pada 1 November 1800.

2. Arsitek Skotlandia

Penduduk Skotlandia, James Hoban, merupakan arsitek Gedung Putih. Sebelumnya ia memenangkan sayembara merancang Gedung Putih yang diiklankan di koran. Hoban merancang Gedung Putih dengan inspirasi Leinster House, gedung parlemen Irlandia yang berada di Dublin.

3. The Executive Mansion

Bangunan bersejarah ini awalnya bernama The Executive Mansion. Pada masa kepemimpinan Presiden AS ke-26, Theodore Roosevelt, namanya baru diganti menjadi menjadi The White House (Gedung Putih).

4. Penghuni pertama

Walau merupakan gagasannya, namun nyatanya George Washington tidak pernah menghuni Gedung Putih. Penghuni pertamanya ialah Presiden AS kedua, John Adams. Hingga saat ini tercatat ada sepuluh orang yang telah meninggal di Gedung putih, termasuk anak dari Presiden AS ke-16, Abraham Lincoln.

5. Hewan peliharaan

Keluarga Presiden AS diizinkan membawa hewan peliharannya. Presiden AS ke-44, Barack Obama terkenal dengan anjingnya yang menggemaskan, Bo dan Sunny. Selain anjing, ada juga keluarga presiden yang pernah membawa kucing, hamster, burung, ayam kalkun, sapi, kambing, kuda poni, sampai buaya.

6. Dibakar Inggris

Selama Perang 1812, tentara Inggris menyerbu Gedung Putih pada 1814, membuatnya terbakar sebagai pembalasan atas tentara AS yang membakar gedung di York, Ontario. Api benar-benar menghancurkan bagian dalam dan atap bangunan tersebut. Presiden AS ke-empat, James Madison, lalu memerintahkan renovasi.

7. Berhantu

Gedung Putih disebut berhantu. Arwah Presiden AS ke-empat, Andrew Jackson, disebut sering tertawa dan berkata kasar di lorong. Lalu ada penampakan Presiden AS ke-3, Thomas Jefferson, yang sedang bermain biola. Arwah ibu negara Dolley Madison juga disebut menghantui taman Rose Garden.

Sementara itu penampakan Presiden AS ke-26, Abraham Lincoln, disebut muncul jika kondisi negara darurat. Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill disebut pernah bertemu arwahnya di kamar mandi, lalu ia mengucapkan salam hormat.

8. Lokasi pesta pernikahan

Keluarga presiden AS dan staf pemerintahan disebut bisa memakai Gedung Putih sebagai lokasi pernikahan. Syaratnya, seluruh tamu harus berpakaian formal. Presiden AS ke-18, Ulysses E. Grant, menggelar pesta pernikahan putrinya dengan sangat megah dan meriah untuk yang pertama kalinya pada 1874.

Sayangnya kesempatan tersebut digunakan secara tidak tepat oleh Omarosa Manigault-Newman, salah satu penasihat Trump, yang membawa 39 temannya untuk berfoto sebelum pernikahan di Gedung Putih. Hingga saat ini foto tersebut dilarang untuk dipublikasikan di publik.

9. Tagihan bulanan

Keluarga presiden yang menghuni Gedung Putih wajib membayar biaya pemeliharaan Gedung Putih setiap bulannya, mulai dari tagihan listrik sampai pesta.



Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.