Asal Mula Stargazy Pie, Hidangan Pai Paling Seram Asal Inggris

https: img.okezone.com content 2021 01 20 298 2347355 asal-mula-stargazy-pie-hidangan-pai-paling-seram-asal-inggris-rChCYMxwDh.jpg
Stargazy pie jadi hidangan pai paling menyeramkan. (Foto: Instagram @norikovsky)

INGGRIS merupakan rumah dari berbagai macam makanan pai. Mulai pai klasik hingga pai apel. Tapi dari sekian banyak pai yang tersedia, stargazy pie bisa menjadi yang paling unik sekaligus menyeramkan. Penampilan pai ini justru jauh dari indah dari kebanyakan pai lainnya

Sebagaimana diketahui, stargazy pie adalah hidangan pai dengan kepala ikan yang menonjol keluar dan menghadap langsung ke atas. Kepala atau ekor ikan sarden itu sengaja dibentuk untuk mencuat dari permukaan adonan pai. Bagi sebagian orang bentuk seperti ini tidak terlihat lezat dan justru menyeramkan.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (18/1/2021), legenda munculnya stargazy pie sebenarnya berawal dari kebutuhan. Menurut cerita yang beredar pada suatu malam yang dingin, sekira abad ke-16, cuaca sangat buruk sehingga penduduk Mousehole di Cornwall, Inggris, tidak bisa pergi melaut untuk mencari ikan dan dihadapi dalam situasi kelaparan.

Stargazy pie hidangan pai paling menyeramkan. (Foto: Instagram @norikovsky)

Beruntung seorang pahlawan lokal berhasil membuat langkah menakjubkan untuk menyelamatkan semua orang. Tom Bawcock yang merupakan nelayan lokal naik ke kapalnya dan keluar menuju laut di tengah badai. Ia pun akhirnya kembali dengan tangkapan legendaris yang mencakup tujuh jenis ikan.

Ikan tersebut terdiri dari belut pasir, makarel kuda, pilchards, herring, dogfish, ling; sementara ikan ketujuh tidak dikenal jenisnya. Legenda mengatakan bahwa seluruh tangkapan Bawcock dipanggang menjadi pai raksasa dengan kepala ikan menyembul melalui adonan untuk membuktikan ada ikan di dalamnya.

Keberanian Bawcock ini telah dirayakan setiap 23 Desember di The Ship Inn di Mousehole selama ratusan tahun. Perayaan tahunan yang dikenal sebagai Tom Bawcock’s Eve menarik perhatian masyarakat untuk ke penginapan setempat di mana stargazy pie raksasa disajikan kepada para pelanggan secara gratis.



Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.