Baru Miliki Bayi, Ini Hal-Hal yang Akan Berubah dan Cara Mengatasinya

https: img.okezone.com content 2021 01 11 620 2342494 baru-miliki-bayi-ini-hal-hal-yang-akan-berubah-dan-cara-mengatasinya-4E91OlbKOy.jpg
Ilustrasi bayi dan orangtuanya. (Foto: Freepik)

JIKA Anda baru saja menjadi orangtua, pasti akan mengalami kesibukan yang melonjak drastis di dalam rumah tangga. Ini memang menghabiskan energi yang luar biasa dari sebelumnya, tapi kehadiran bayi dapat memberi kegembiraan yang tidak ada tandingannya.

Merawat bayi yang baru lahir mungkin tidak mudah bagi sebagian orang yang baru saja menjadi orangtua, karena membutuhkan perhatian yang intensif. Perlahan, Anda belajar menyesuaikan kebiasaan-kebiasaan yang telah berubah setelah adanya bayi di rumah.

Seperti dikutip dari Lifehack, Senin (11/1/2021), berikut Okezone rangkumkan hal yang wajar terjadi terhadap orangtua baru serta tips praktis mengatasinya.



1. Sadarilah bahwa tahun pertama cukup menantang

Tahun pertama menjadi orangtua, terutama ibu, dinilai cukup menantang. Ini karena memiliki bayi akan mengubah keseharian Anda. Anda memiliki keharusan menyusui, mengganti popok, menggendong, menidurkan, dan segala apa pun yang dibutuhkan bayi.

2. Tidurlah saat bayi Anda tidur

Bayi sangat aktif ketika terbangun. Oleh karena itu, gunakan kesempatan untuk tidur saat ia juga tidur. Anda tidak bisa tidur siang saat mereka bangun, karena Anda harus tetap menjaga dan mengawasinya. Apalagi, biasanya bayi akan terbangun setiap 2 sampai 3 jam.

3. Kebisingan di rumah adalah hal normal

Ketika Anda berbisik dan berusaha diam di rumah saat bayi tidur, maka ini akan membuat bayi jadi mudah terbangun oleh suara apa pun. Jika Anda mengondisikan bayi untuk tidur dengan suara-suara rumah tangga yang normal seperti memasak dan kegiatan lainnya, mereka akan terbiasa untuk tidur dengan nyenyak meskipun ada kebisingan.

4. Jangan tergantung pada nasihat orang lain

Menjadi orangtua baru pasti akan mendapatkan banyak nasihat yang tidak diminta, terutama dari keluarga dan teman. Mereka memberi nasihat karena menyayangi Anda dan berusaha membantu. Namun, Anda tidak harus mengikuti nasihat orang lain hanya karena mereka menawarkannya. Cukup lakukan yang terbaik untuk bayi dengan cara Anda sendiri.

5. Terima bantuan saat ditawarkan

Ketika Anda memiliki orang-orang terpercaya dalam hidup untuk menawarkan bantuan, terimalah bantuan mereka. Ini mungkin akan meringankan hari-hari Anda karena merawat bayi mengeluarkan banyak energi dan pekerjaan lainnya.

6. ASI atau susu formula merupakan pilihan Anda, lakukan dan berikan yang terbaik

Manfaat air susu ibu (ASI) memang sangat baik, ini telah dibuktikan oleh sains. Namun jika Anda akhirnya memberikan susu formula kepada bayi Anda, jangan berpikir bahwa ini adalah pilihan yang buruk. Ingatkan diri Anda bahwa miliaran bayi di dunia banyak yang telah dibesarkan dengan susu formula dan akhirnya menjadi orang yang sehat, cerdas, serta bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Ilustrasi bayi. (Foto: Freepik)

7. Keluar rumah dan berjalan sehat

Setelah melahirkan, bangun dan aktif berolahraga pada awalnya bisa jadi hal yang sulit. Cara sederhana untuk tetap aktif bergerak yang akan membantu suasana hati Anda juga adalah keluar dan berjalan-jalan. Letakkan bayi di kereta dorong dan mulailah berjalan-jalan di luar, meskipun hanya di sekitar rumah. Anda akan mendapatkan udara segar dan darah yang dipompa ke seluruh tubuh Anda akan membantu membangkitkan suasana hati dan semangat Anda.

8. Abadikan momen

Waktu berjalan lebih cepat dari yang Anda sadari. Ambil foto dan video, bahkan saat tidak ada hal istimewa yang terjadi pada bayi Anda. Sebab tidak terasa, mereka tumbuh dengan cepat. Jangan lewatkan momen bersamanya saat masih bayi, dan ini akan menjadi sebuah kenangan ketika ia sudah dewasa nanti.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.