China Absen di Turnamen Seri Asia, Indonesia Dapat Untung

China Absen di Turnamen Seri Asia, Indonesia Dapat Untung
Skuad bulu tangkis China memutuskan mundur dari turnamen seri Asia di Bangkok selama Januari 2021. Keputusan ini sejatinya cukup menguntungkan bagi Indonesia. Foto: pbsi

Skuad bulu tangkis China memutuskan mundur dari turnamen seri Asia di Bangkok, Thailand, selama Januari 2021. Keputusan inisejatinya cukup menguntungkan bagi Indonesia yang tampil dengan kekuatan penuh di ajang itu.

Keputusan China untuk absen memang menuai kejutan. Namun, presiden Asosiasi Bulu Tangkis Thailand, Kunying Patama Leeswadtrakul mengonfirmasi bahwa skuad China telah memutuskan mundur akibat larangan berpergian ke luar negeri akibat Covid-19.

“Melalui konferensi online, Asosiasi Bulu Tangkis China meminta maaf karena harus mundur dari turnamen akibat kekhawatiran terhadap Covid-19,” ucap Leeswadtrakul, melansir dari The Nation Thailand, Kamis (31/12/2020).

Sementara itu, PBSI memastikan skuad Indonesia akan tetap tampil di dua ajang Thailand Open dan BWF World Tour Finals (jika lolos). Ajang Yonex Thailand Open akan dilangsungkan pada 12-17 Januari 2021 dan Toyota Thailand Open pada 19-24 Januari 2021. Sedangkan BWF World Tour Finals pada 27-31 Januari 2021.


Mundurnya China tentu sedikit memberi keuntungan bagi Indonesia untuk tampil di turnamen seri Asia. Bukan hanya soal persaingan yang berkurang, tetapi ini juga menguntungkan bagi skuad Tanah Air, terutama di sektor ganda putra.

Sebelumnya, Indonesia telah mendaftarkan enam pasangan ganda putra untuk tampil di ajang Super 1000 tersebut. Akan tetapi, dua dari enam pasangan masih berharap-harap cemas lantaran mereka masih masuk dalam daftar tunggu.

Namun, dengan mundurnya beberapa pasangan, termasuk tiga ganda putra China, Indonesia bisa sedikit bernapas lega. Pada ajang Yonex Thailand Open, Indonesia sudah dipastikan akan memiliki lima pasangan.

Mereka adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob. Sedangkan satu pasangan yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masuk dalam daftar tunggu nomor satu.

Meski begitu, di ajang Toyota Thailand Open, enam ganda putra Indonesia sudah bisa dipastikan tampil. Sehingga ganda putra Indonesia akan menampilkan kekuatan penuh di ajang tersebut dan Leo/Daniel akan melakoni laga perdananya di ajang Super 1000.

Sementara itu beberapa pemain Indonesia dengan status nonpelatnas juga telah mundur dari turnamen ini. Sebut saja seperti Tommy Sugiarto, Yehezkiel Fritz Maniaky, Lyanny Alessandra Mainaky, Yulia Yosephine Susanto, dan Jessica Muljati.



Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.