Duta Besar AS untuk PBB akan mengunjungi Taiwan minggu depan

Kelly Craft akan tinggal di Taiwan selama tiga hari dan memperkuat dukungan Washington untuk 'ruang internasional Taiwan'

Duta Besar AS untuk U.N. Kelly Craft. (Foto AP)

TAIPEI - Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft akan mengunjungi Taiwan mulai 13 hingga 15 Januari untuk pertemuan dengan pejabat senior Taiwan, kata Misi AS untuk PBB (USUN) Kamis (7 Januari).

Pada hari Rabu (6 Januari), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan bahwa Craft akan segera melakukan perjalanan ke Taiwan, tanpa memberikan tanggal tertentu. Namun, karena pemerintahan Joe Biden yang akan datang akan dilantik pada 20 Januari, perjalanan itu harus dilakukan dalam dua minggu ke depan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis, USUN mengonfirmasi kunjungan Craft dan mengatakan itu akan berlangsung 13-15 Januari. Dikatakan perjalanan itu akan memperkuat dukungan Washington untuk "ruang internasional Taiwan sesuai dengan kebijakan satu China AS yang dipandu oleh Undang-Undang Hubungan Taiwan, tiga komunike bersama AS-RRT, dan Enam Jaminan ke Taiwan."

Sementara itu, Craft dijadwalkan menyampaikan pidato pada 14 Januari di Institute of Diplomacy and International Affairs, menurut USUN. Dia akan membahas topik mulai dari kontribusi global Taiwan hingga pentingnya penyertaannya dalam organisasi internasional.


Sejak dilantik pada 10 September 2019, Craft telah menjadi pendukung kuat Taiwan. Pada September tahun lalu, dia mengadakan pertemuan, yang dia gambarkan sebagai "bersejarah," dengan pejabat tinggi Taiwan di New York, Li Kuang-chang (李光 章), dalam upaya untuk memperkuat hubungan bilateral.
(Jz)


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.