Kebakaran di Panti Jompo Spanyol, 1 Tewas 18 Terluka




      Seorang lansia berusia 89 tahun meninggal ketika terjadi kebakaran di sebuah panti jompo Santa Justa di Seville, Spanyol. Sekitar 18 lansia lainnya terluka sehingga mendapat perawat dirawat di rumah sakit.




Kebakaran terjadi sejak Selasa (5/1) malam. Sekitar 170 polisi, petugas medis, dan tim penyelamat dikerahkan untuk menyelamatkan 78 penghuni lainnya.

"Seorang lansia perempuan berusia 89 tahu meninggal akibat kebakaran itu dan 18 orang lainnya dilarikan ke beberapa rumah sakit di kota itu," tulis layanan darurat dalam sebuah pernyataan.

Sekitar lima korban terluka saat ini dalam kondisi kritis setelah mengalami luka bakar serius.

Mengutip AFP, petugas pemadam kebakaran meyakini api bersumber dari lantai dua. Mereka juga mengaku kesulitan memadamkan api dan menyelamatkan lansia yang berada di sana.

Proses evakuasi lansia melalui tangga darurat dalam kondisi lemah melibatkan lebih dari 80 polisi.

"Evakuasi membutuhkan upaya ekstra untuk mencoba dan menjaga penghuni tetap hangat dengan selimut dan membawa mereka keluar, satu per satu dengan kursi roda," ungkap mereka.

Penghuni panti yang selamat kemudian dibawa menggunakan sembilan bus ke stadion olahraga terdekat untuk mendapat pemeriksaan medis, sebelum dipindahkan ke tempat perawatan sementara.

Beberapa lansia dijemput oleh anggota keluarga. Dalam situs resminya, panti jompo Santa Justa dihuni oleh 166 lansia.

Sumber :CNN

No comments

Powered by Blogger.