Ketua perusahaan PE Primavera percaya Ma "aman dan sehat", optimis pada Ant

Ma belum terlihat sejak dia membuat marah regulator dengan pidato Oktober 2020. (Foto AP)

Pimpinan firma ekuitas swasta Primavera Group, yang memperhitungkan China Ant Group di antara perusahaan portofolionya, percaya pendiri raksasa teknologi keuangan Jack Ma adalah "aman dan sehat", dan bahwa dia tetap optimis tentang perusahaan.

Komentar Fred Hu muncul saat regulator China sedang menyelidiki raksasa e-commerce Alibaba dan afiliasinya Ant setelah tiba-tiba membatalkan penawaran umum perdana (IPO) yang terakhir pada November tahun lalu.

Pendiri Alibaba Jack Ma, yang juga mengontrol Ant, tidak pernah terlihat di publik sejak bencana IPO Ant.

“Saya yakin dia aman dan sehat. Dia tetap menjadi contoh abadi dari kewirausahaan yang sukses, ”kata Hu dalam sebuah wawancara di konferensi Reuters Next pada hari Rabu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Primavera yang berbasis di Hong Kong menjadi investor dalam penggalangan dana Ant sebesar $ 4,5 miliar pada 2016 dan meningkatkan investasinya selama putaran $ 14 miliar dua tahun kemudian yang menilai perusahaan tersebut sebesar $ 150 miliar.

Hu, mantan ketua Greater China di Goldman Sachs, menjabat sebagai direktur non-eksekutif independen di dewan Ant.

“Saya percaya bahwa perusahaan (Ant) adalah inovator yang sangat sukses dan benar-benar telah menciptakan fintech sendirian di China seperti yang kita kenal,” katanya. “Saya tetap optimis dengan masa depan perusahaan ini.”

Hu menolak berkomentar tentang prospek menghidupkan kembali IPO.

Regulator China telah mulai mengekang kerajaan keuangan dan e-commerce Ma sejak dia secara terbuka mengkritik sistem regulasi negara pada bulan Oktober karena menghambat inovasi.

Hal itu memicu rangkaian peristiwa yang mencapai puncaknya pada November dengan pembatalan IPO Ant senilai $ 37 miliar, yang akan menjadi yang terbesar di dunia. Regulator juga meluncurkan penyelidikan anti-trust ke dalam praktik yang diduga monopoli Alibaba.

Hu mengatakan tindakan keras anti-trust China baru-baru ini sejalan dengan tren global tetapi inovasi di negara itu tidak akan tertahan.

“China tidak terkecuali karena kami memiliki ekosistem teknologi terbesar. Sangat wajar bagi pemerintah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika ada ekses atau pelanggaran mungkin perlu penyesuaian, ”kata Hu.

“Jangan salah, inovasi akan tetap menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang semakin penting,” ujarnya.


Ant sedang mempertimbangkan untuk melipat sebagian besar bisnis keuangan online-nya, termasuk pinjaman konsumen, menjadi perusahaan induk yang akan diatur seperti perusahaan keuangan tradisional, menurut laporan Reuters.

"Saya yakin para pemimpin teknologi di China dan investor semua memahami dan merasa nyaman, meskipun dalam jangka pendek ya mungkin ada semacam ketidakpastian, fundamental dan prospek tetap utuh," kata Hu.

Hu mendirikan Primavera pada tahun 2010, dan perusahaan tersebut telah menjadi investor yang rajin di sektor konsumen, teknologi, dan perawatan kesehatan China.
(Jz)

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.