Kisah Misteri Jorogumo, Manusia Setengah Laba-laba yang Terkenal di Jepang

Foto

Jepang memiliki kisah misteri tentang dunia lain tak ada habis-habisnya. Salah satunya kisah misteri Joroguma, sosok ini dikabarkan memiliki wujud manusia setengah Laba-laba. Jorogumo juga sering mengubah penampilannya menjadi seorang wanita hal ini untuk memudahkan menggoda para pria dan memakannya.

Menurut cerita, sosok gaib ini sangat kuat dan kebal terhadap racun apapun. Sosok laba-laba yang mencerminkan Jorogumo adalah jenis Nephila Clavata atau di Indonesia dikenal dengan sebutan Laba-laba Joro dan dapat ditemukan di seluruh dataran Jepang kecuali Hokkaido.

Laba-laba Joro yang menjadi cermin dari Jorogumo ini dikenal karena warnanya yang indah dan jaring-jaringnya yang besar dan kuat. Nama mereka bahkan memiliki arti yang unik ketika ditulis dalam huruf Kanji yang memiliki arti “Entangling Bride” atau dapat diartikan sebagai “Perempuan Penjerat”.

Dalam kisah Yokainya, mahkluk Jorogumo hidup menyendiri, baik sebagai laba-laba maupun Yokai. Ketika laba-laba Joro ini dapat mencapai usia 400 tahun mereka dikatakan akan memiliki kekuatan gaib dan mulai turun ke kota untuk memangsa manusia. Mereka membuat sarang di gua, hutan atau bahkan di rumah-rumah kosong yang tidak jauh dari kota.

Mereka memiliki kecerdasan yang licik dan hati yang dingin, mereka melihat manusia hanya sebagai mangsa. Mereka dikenal sebagai penipu ulung dan dapat berubah wujud dengan sempurna untuk mengelabuhi mangsanya, biasanya mereka akan tampil sebagai wanita muda, seksi dan cantik yang luar biasa.

Dalam cerita-cerita masyarakat kuno, mangsa favorit Jorogumo adalah pria muda dan tampan yang mencari cinta. Ketika Jorogumo melihat seorang pria yang diinginkannya, dia akan mengundang pria tersebut ke rumahnya dan bila pria tersebut tergoda dan pergi maka pria tersebut tidak akan pernah terlihat lagi.

Mereka dapat mengeluarkan benang sutra tanpa terlihat untuk menjerat para pria dewasa sehingga tidak dapat lagi melarikan diri, mereka juga dikatakan memiliki racun kuat yang perlahan-lahan dapat melemahkan mangsanya. Joro-Gumo juga dikatakan dapat mengendalikan laba-laba kecil untuk membantunya, Jorogumo dapat bertahan dan beraktivitas bebas berkat kelicikannya dan kemampuannya menyamar.

Banyak yang mengatakan jika ingin melihat wujud asli Jorogumo ketika menyamar adalah dengan menampilkannya dalam sebuah cermin karena pantulan wujud aslinya akan terlihat dalam cermin tersebut.

Legenda Jorogumo telah lahir sejak lama dan bahkan sudah populer pada jaman Edo, Joro-Gumo juga dikenal sebagai Nyonya Air Terjun Joren di semenanjung Izu yang ada di Prefektur Shizuoka.

Sumber : correcto,id

No comments

Powered by Blogger.