Legenda Superbowl Tolak Penghargaan dari Trump

Salah satu pelatih terbaik di ajang National Football League (NFL), Bill Belichick, menolak pemberian penghargaan Donald Trump.
Bill Belichick tolak penghargaan dari Donald Trump. (AFP/Maddie Meyer)

Salah satu pelatih terbaik di ajang National Football League (NFL), Bill Belichick, menolak hadir dalam pemberian penghargaan Presidential Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Aksi-aksi pendukung Trump yang mendatangi gedung Capitol beberapa hari lalu menjadi alasan Belichick.

"Baru-baru ini, saya mendapat kesempatan menerima Presidential Medal of Freedom, yang membuat saya tersanjung karena respek atas rasa hormat dan bangga pada penerima penghargaan sebelumnya," ujar Belichick.


"Selanjutnya peristiwa tragis minggu lalu terjadi dan keputusan telah dibuat untuk tidak menerima penghargaan tersebut. Di atas segalanya, saya adalah warga negara Amerika yang sangat menghormati nilai-nilai, kebebasan, dan demokrasi bangsa kita," sambungnya dikutip dari CNN.

Belichick merupakan pelatih New England Patriots sejak 2000 dan memegang rekor dengan meraih enam gelar Super Bowl atau trofi juara liga American Football di Amerika Serikat.

Supporters of President Donald Trump are confronted by Capitol Police officers outside the Senate Chamber inside the Capitol, Wednesday, Jan. 6, 2021 in Washington. (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)Pendukung Donald Trump masuk ke Gedung Capitol pada awal 2021.(AP Photo/Manuel Balce Ceneta)

Pada 2016 Belichick pernah menulis dukungan kepada Trump dan menyebut dirinya menjalin persahabatan bertahun-tahun dengan presiden AS ke-45 tersebut.

Namun hal tersebut tidak membuatnya begitu saja menerima penghargaan dari Trump.

"Saya juga mewakili keluarga saya dan tim New England Patriots. Salah satu hal paling berharga dalam karir profesional saya terjadi pada tahun 2020 ketika, melalui kepemimpinan yang hebat dalam tim kami, percakapan tentang keadilan sosial, kesetaraan, dan hak asasi manusia bergerak ke garis depan dan menjadi aksi."

"Melanjutkan upaya tersebut sambil tetap setia kepada orang, tim, dan negara yang saya sukai lebih besar daripada manfaat dari penghargaan individu apa pun," ujar Belichick.

Trump sering memberi penghargaan Medal of Freedom kepada teman, pendukung politik, dan atlet selama ia menjabat sebagai presiden.

Presidential Medal of Freedom adalah penghargaan yang diberikan presiden Amerika Serikat kepada orang-orang yang dianggap telah memberi kontribusi yang sangat berjasa bagi keamanan atau kepentingan nasional, perdamaian dunia, budaya, atau upaya publik atau pribadi penting lainnya.

Olahragawan yang pernah menerima Medal of Freedom adalah Muhammad Ali pada 2005 dan Tiger Woods pada 2019.







Sumber : cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.