Lingko Meler, Sawah Berbentuk Jaring Laba-Laba di Flores yang Mendunia


https: img.okezone.com content 2021 01 07 408 2340325 lingko-meler-sawah-berbentuk-jaring-laba-laba-di-flores-yang-mendunia-siITdCdjaG.JPG
Lingko Meler, sawah unik berbentuk jaring laba-laba di Flores (Foto: molon.de)

PESONA Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) memang tak terbantahkan. Tak hanya terkenal dengan pantai dan pegunungannya yang memikat, di sana juga terdapat sebuah area persawahan dengan bentuk tak biasa. Alhasil, tempat tersebut jadi mendadak tenar bahkan dikenal dunia.

Area persawahan bernama Lingko Meler atau masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Spider Rice Field, memiliki bentuk unik yang menyerupai lingkaran layaknya sarang laba-laba jika dilihat dari ketinggian.


Lokasinya terletak di Desa Meler, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Lingko Meler. Hamparan sawah berwarna hijau dengan bentuk lingkaran ini mempunyai luas total mencapai 398 hektare.

Polanya berupa garis panjang dari titik tengah yang disebut Lodok hingga bidang terluarnya yakni Cicing. Tidak banyak yang tahu asal mula terbentuknya sawah berdesain sarang laba-laba ini.

Cerita yang beredar di masyarakat setempat, lingko atau lodok ini sudah ada sejak zaman Raja Manggarai pertama. Masyarakat Manggarai masih melakukan berbagai macam ritual adat dalam bertani.

Ritual ini merupakan tanda penghargaan kepada para leluhur, dan ritual ini dilaksanakan dari mulai pembukaan lahan hingga musim panen tiba.


Tak hanya itu, bagi masyarakat Manggarai, bertani dan ritual sudah menjadi bagian yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Istilah upacara saat membuka kebun di lahan yang masih baru disebut Lea lose.

Dengan bentuk yang istimewa ini, area persawahan tersebut menjadi tujuan wisata di Flores selain Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo dan Wae Rebo. Pemandangan eksotis Lingko Meler dapat Anda lihat dari Bukit Golo Lalong yang mengitari persawahan.

Usut punya usut, Lingko Meler ternyata satu dari 11 lodok atau sawah berbentuk jaring laba-laba yang ada di Desa Meler Kecamatan Ruteng. Dari ketinggian bukit, Lingko Meler dapat Anda saksikan dengan sangat jelas. Nah, jadi tertarik kan pengin ke sana?



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.