MediaTek memanfaatkan teknologi TSMC 6-nanometer untuk chip ponsel 5G andalannya yang baru

Gambar MediaTek

MediaTek Inc pada Rabu (20 Januari) mengatakan akan menggunakan teknologi pembuatan chip 6-nanometer Taiwan Semiconductor Manufacturing Co untuk chip terbarunya yang ditujukan untuk smartphone 5G premium.

MediaTek Taiwan tampaknya menjadi salah satu pelanggan volume tinggi pertama untuk teknologi tersebut dan termasuk di antara segelintir perusahaan dengan teknologi modem untuk menghubungkan telepon ke jaringan data seluler, bersaing dengan Qualcomm Inc dan Samsung Electronics Co Ltd. Chip baru yang diumumkan Rabu, disebut Dimensity 1100 dan 1200, dibangun di atas upaya MediaTek untuk mengejar handset dengan harga lebih tinggi di mana chip Qualcomm Snapdragon secara historis memiliki pangsa pasar yang lebih kuat.



Seperti Qualcomm dan Apple, MediaTek mendesain chip dan kemudian mengontrakkan produksi ke perusahaan luar. Chip terbaru akan dibuat di TSMC, dengan teknologi pembuatan chip yang disebut 6-nanometer. Chip Qualcomm dibuat oleh Samsung dengan teknologi 5 nanometer sementara Apple Inc menggunakan teknologi 5-nanometer TSMC.

Teknologi pembuat chip yang lebih kecil lebih cepat dan lebih hemat daya. Chip MediaTek sebelumnya menggunakan proses 7-nanometer, dan beralih ke teknologi manufaktur yang lebih baru seiring dengan kemajuan dalam desain chip membuatnya 22% lebih cepat dalam tugas komputasi sambil mengonsumsi daya 25% lebih sedikit, Finbarr Moynihan, manajer umum penjualan perusahaan internasional, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.