Melihat Lebih Dekat Mobil Listrik 2 Penumpang Toyota

Toyota Ultra Compact cikal bakal C+Pod. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Jakarta, Toyota meluncurkan mobil listrik secara terbatas untuk pasar Jepang. Mobil dengan nama C+Pod ini hanya mampu memuat dua penumpang.

Jauh sebelum peluncuran yang dilakukan Desember 2020, perusahaan sebetulnya telah memamerkan mobil ini lebih dahulu tahun lalu lebih tepatnya pada perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) yang berlangsung Oktober 2019.

Saat itu mobil itu statusnya masih konsep dengan nama 'Ultra Compact'. CNNIndonesia.com melihat langsung mobil tersebut dalam bentuk konsep.


Model produksinya masih terbilang mirip dengan versi produksi. Kemiripan mulai dari tampak depan, samping, hingga belakangnya.

Bagian depan mobil ini memiliki lampu utama dengan bentuk menyipit dan di antaranya ada logo tiga elips milik Toyota. Kemudian desain bumper dibuat memanjang ke bawah namun cukup presisi untuk sebuah mobil dengan ukuran mini.

Lalu bagian samping tampak mobil ini menggunakan pelek dengan dengan unik yang umumnya banyak digunakan pada mobil listrik murni.

Berlanjut ke belakang terlihat pintu dibuat tegak dengan lampu diletakkan pada area sisi kanan dan kiri kaca.

Sedangkan interiornya disuguhkan dengan kombinasi dua warna seperti eksterior yakni hitam dan putih.  Pada dasbor juga terdapat sejumlah tombol bakal pengaturan fitur serta ada head unit yang diletakkan sejajar dengan roda kemudi.


Terlihat juga ada anak kunci pada leher kemudi. Namun tidak diketahui fungsi anak kunci tersebut, apakah untuk menyalakan mobil atau tidak.

Toyota dalam situs resminya menyebutkan C+Pod memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, tinggi 1.550 mm, dan ground clearance 145 mm. Sedangkan berat untuk varian G 690 kg, sementara X 670 kg.

Masing-masing varian akan dibekali motor listrik yang dapat memuntahkan 9,2 kW dan torsi 56 nm, serta kecepatan maksimal yang diperoleh yakni 60 km per jam.

Tampak belakang Toyota Ultra Compact. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Mobil mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 51 Ah dengan daya jelajah untuk satu kali pengisian penuh sejauh 150 km. Baterai diposisikan di bawah penumpang dan pengemudi.

Toyota menyebut untuk varian X C+Pod akan dijual 1,65 juta yen atau sekitar Rp225 juta, sementara model tertinggi G dipasarkan 1,716 juta yen atau Rp234 juta.

Namun untuk saat ini mobil tersebut hanya dijual terbatas bakal kegiatan perusahaan, pemerintah setempat, organisasi, dan belum untuk pembeli perorangan. Penjualan kepada pembeli perorangan atau retail akan dilakukan pada 2022.

Sumber :cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.