Mengenal Stargazy Pie, Makanan Unik Asal Inggris Berhiaskan Kepala Ikan

https: img.okezone.com content 2021 01 08 298 2341175 mengenal-stargazy-pie-makanan-unik-asal-inggris-berhiaskan-kepala-ikan-PF91hvecDI.jpg
Stargazy Pie. (Foto: Instagram)

INGGRIS adalah rumah bagi begitu banyak variasi pie, dari yang klasik seperti apple pie, pork pie, sampai ale pie atau pot pie. Tapi ada satu varian pie khas Inggris yang biasanya sukses membuat banyak orang bergidik melihatnya.

Apalagi kalau bukan Stargazy pie, kue berbentuk bundar berhiaskan kepala ikan menghadap ke atas sebagai topping. Meski bentuk visualnya kurang menarik, tapi pie stargazy ini diketahui merupakan salah satu sajian perayaan Natal khas di Inggris loh.


Mengutip Odditycentral, pie stargazy menyimpan kisah legenda di balik kehadirannya. Menurut cerita legenda yang beredar, pada suatu musim dingin di sekitar abad ke-16 dengan cuaca yang sangat buruk sehingga membuat penduduk Mousehole, di Cornwall, Inggris tidak bisa pergi melaut untuk mencari ikan seperti biasanya hingga kelaparan.

kue unik

Untungnya, seorang warga lokal yang pemberani, Tom Bawcock hadir untuk menyelamatkan penduduk sekitar. Tom yang sehari-harinya adalah nelayan, tak takut langsung menaiki kapalnya dan keluar ke laut meski harus menerjang badai.

Tom pun berhasil kembali ke daratan dengan membawa banyak tangkapan ikan, tujuh jenis ikan. Mulai dari belut pasir, mackerel kuda, pilchards, herring, dogfish, ling, ikan ketujuh, dan satu ikan yang tidak dikenali jenisnya.

Aksi berani Tom yang menyelamatkan penduduk dari kelaparan ini akhirnya dirayakan setiap 23 Desember setiap tahunnya di The Ship Inn, Mousehole, selama ratusan tahun dan kini dikenal sebagai gelaran perayaan tahunan dengan nama Tom Bawcock's Eve.

Di acara ini, para turis yang datang ke penginapan setempat bisa mencicipi pie stargazy raksasa yang disajikan secara gratis.

Bahan utama kue pie ini sendiri adalah ikan pilchard (sarden), tetapi mackerel atau herring terkadang juga kerap digunakan sebagai pengganti. Beberapa chef menyakini, ikan daging putih apa pun bisa digunakan untuk isian, tetapi kepala sarden yang menonjol tetap sangat penting untuk penyajian pie stargazy.

Sedangkan untuk isian pie, dibuat dari berbagai jenis ikan yang dipanggang dengan campuran rempah-rempah dan kulit lemon. Semuanya dicampur dengan telur parut, kentang tumbuk dan krim baru kemudian ditutup dengan lapisan kue Cornish.

Kepala dan ekor ikan lalu dimasukkan ke dalam pai dengan posisi mulut dan kepala menghadap ke atas. Barulah adonan pie kemudian dipanggang di dalam oven.

Secara teknis, disebutkan posisi horizontal ikan inilah yang memungkinkan ikan melepaskan minyak untuk mengalir ke dalam pai selama proses pemanggangan. Alhasil membuat adonan pie menjadi basah dan lebih beraroma.


Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.