NIve Minta Maaf pada V BTS Terkait Kontroversi Penciptaan Lagu 'Blue & Grey'




     NIve terkena kontroversi gara-gara membiarkan adanya persepsi bahwa dia adalah komposer asli dari lagu balada BTS "Blue & Grey".




Mengutip Allkpop, peristiwa ini terjadi saat penyanyi, pencipta lagu, komposer, dan produser rekaman itu muncul sebagai bintang tamu dalam acara "Yoo Hee Yeol's Sketchbook" yang tayang pada Jumat (8/1) lalu di KBS 2.

Dalam program tersebut, Yoo Hee-yeol menyebut NIve sebagai komposer asli dari lagu "Blue & Grey", dan musisi bernama asli Park Ji-soo itu tidak meralat ucapan sang pembawa acara tersebut.

Seperti diketahui, "Blue & Grey" yang muncul dalam album BTS terbaru "BE" adalah hasil kolaborasi antara V BTS dan NIve, masing-masing tercatat sebagai penulis lagu dan produser.

Selain kedua nama tersebut, penulis lagu lainnya yang masuk dalam kredit adalah Levi, Hiss Noise, Suga , RM , J-Hope , dan Metaphor. Sementara produsernya juga ada Levi dan Hiss Noise.

Sebelumnya, V alias Taehyung juga berulangkali bilang bahwa lagu tersebut adalah lagu yang ditulisnya saat dia lagi dalam masa sulit. Tadinya, lagu ini mau dimasukkan ke dalam mixtape pertamanya, tapi karena para member BTS menyukai lagu tersebut, akhirnya dimasukkan ke dalam "BE".

Karena kesalahan penyebutan dalam program “Yoo Hee Yeol’s Sketchbook” tersebut, para penggemar V pun mengungkapkan kekecewaan mereka dalam forum daring.

Menyadari hal ini, NIve pun langsung menulis permintaan maaf yang panjang dalam akun Instagram-nya.

Dalam unggahannya itu, dia menyebut keinginannya meminta maaf secara formal dan ingin menjernihkan kesalahpahaman yang terjadi terkait lagu yang disebutnya "berharga untuk V BTS dan ARMY".

Musisi yang lahir di Amerika Serikat itu menulis bahwa "Blue & Grey" adalah hasil kolaborasi bersama beberapa musisi lainnya, dan tidak ada niatan darinya untuk mengklaim bahwa dia menulis dan memproduseri lagu tersebut seorang diri.

"Juga ada kesalahpahaman soal penyebutan "original composer/singer" yang disebut berulangkali dalam wawancara tersebut, yang dinilai banyak orang sebagai "orang yang awalnya menyanyikan lagu" dan "orang yang aslinya menciptakan lagu tersebut" yang jelas-jelas salah."

"Saya meminta maaf karena tidak menyadari adanya potensi salah persepsi atas penyebutan hal tersebut. Bersama ini saya ingin mengklarifikasi bahwa BTS adalah penyanyi asli lagu tersebut dan yang lain juga menulis dan menjadi komposer lagu itu, bukan hanya saya sendiri."

NIve juga menegaskan bahwa dia tidak berniat untuk mengambil keuntungan dari hubungannya dengan Taehyung. "Aku akan meminta maaf padanya secara pribadi untuk menjelaskan kesalahpahaman ini."

Mengutip Soompi, dalam program acara tersebut, NIve bercerita bahwa dia bisa berkenalan dengan V berkat teman mutual mereka, Paul Kim. Sebelumnya, musisi yang juga pernah bekerja sama dengan EXO dan HYNN ini membuat lagu untuk Paul Kim yang berjudul "The Reason for My Spring".

"Aku pikir Paul Kim memutar lagu itu ke V. Setelah V mendengar lagu itu, dia bilang, 'Aku ingin ketemu dengan orang yang menulis lagu ini, apa pun yang terjadi', "kata Nive menirukan ucapan V pada Paul Kim.

NIve lalu menyebut bahwa dia dan V punya chemistry yang kuat secara musikalitas. "Jadi kami menciptakan banyak lagu bersama-sama, salah satunya "Blue & Grey"," ucapnya.

Lagu "Blue & Grey" mencatat respons yang baik saat dirilis. Lagu ini duduk di peringkat ke-2 dalam tangga lagu Billboard U.S. Digital Song Sales, dan ada dalam daftar 10 besar selama dua minggu.

Sumber :sindo

No comments

Powered by Blogger.