Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar

Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar
Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar . Foto/Rick


PEMATANGSIANTAR - Sebagai salah satu kota yang dikenal paling toleran di Indonesia, Kota Pematangsiantar , Sumatera Utara, memiliki sejumlah objek wisata religi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Objek wisata religi yang sangat dikenal dan diminati dikunjungi wisatawan diantaranya pohon terang (pohon Natal) tertinggi di Asia Tenggara yang terletak di Jalan Gereja, Kecamatan Siantar Barat.

Selain itu, objek wisata religi lainnya yang juga sudah dikenal di kalangan wisatawan nusantara bahkan mancanegara khususnya Asia adalah patung Dewi Kwan Im.


Patung ini menjadi salah satu ikon wisata religi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terletak di komplek vihara Avalokitesvara yang terlokasi di Jalan Pane, Kelurahan Simalungun, Kota Pematangsiantar.

Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar

Vihara yang menjadi tempat ibadah bagi umat Budha ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata religi dan melihat keindahan patung Dewi Kwan Im yang sekelilingnya terdapat taman-taman yang indah.

Patung Dewi Kwan Im konon dimport langsung dari China, dibangun pada tahun 2002 dan selesai tahun 2005. Berdiri kokoh dengan tinggi 22,8 meter.

Patung dengan berat sekitar 1.500 ton ini menjadi destinasi wisata religi yang populer di Pematangsiantar, dikelilingi empat patung sebagai pengawal serta dua lonceng besar menghiasi lokasi patung.

Dengan ketinggian lebih dari 22 meter, membuat patung Dewi Kwan Im meraih rekor MURI pada tahun 2008 sebagai patung Dewi Kwan Im yang tertinggi di Asia Tenggara.

Karena tingginya patung Dewi Kwan Im yang kesannya sangat klasik dan kuno karena warnanya yang kelabu, untuk melihatnya Anda harus menengadah ke langit.

Patung Dewi Kwan Im Tertinggi di Asia Tenggara, Pesona Wisata Religi di Pematangsiantar


Patung ini merupakan perwujudan dari sosok Dewi Kwan Im yang dikenal sebagai seorang dewi welas asih atau penuh dengan cinta dan kasih sayang.

Dewi Kwan Im merupakan salah satu dewi yang dipuja umat Budha. Menurut sejarah, Dewi Kwan Im merupakan Bodhisattva atau calon budha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan.

Namun, sayangnya sejak pandemi COVID-19 awal 2020 lalu lokasi wisata religi patung Dewi Kwan Im ditutup bagi wisatawan atau masyarakat umum.

Untuk masuk ke komplek vihara Avalokitesvara hanya boleh bagi umat yang akan beribadah karena dijaga sangat ketat oleh petugas keamanan vihara.

Jadi bagi Anda yang ingin menikmati pesona wisata religi patung Dewi Kwan Im harus bersabar untuk bisa melihatnya langsung karena di masa pandemi COVID-19, lokasi wisata yang sudah dikenal di Asia Tenggara itu ditutup sementara untuk umum.


Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.