Pejabat Gedung Putih Ramai-ramai Mundur Usai Rusuh di Capitol

Presiden AS Donald Trump. (AP/Evan Vucci)


Jakarta, Pejabat Gedung Putih dikabarkan beramai-ramai mengundurkan diri usai massa pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Kongres Capitol Hill di Washington DC, Rabu (6/1).

Yang terbaru, tiga pembantu utama Trump sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Dilansir CNN, menurut berbagai sumber yang dikenal, penasihat keamanan nasional Robert O'Brien, wakil penasihat keamanan nasional Matt Pottinger, dan wakil kepala staf Chris Liddell mempertimbangkan untuk mengundurkan diri secepatnya pada malam ini.

Pada Rabu pagi, O'Brien mengambil langkah yang tidak biasa yakni membela sikap Wakil Presiden Mike Pence seiring kerusuhan di Gedung Capitol. O'Brien mengatakan hari ini dirinya menunjukkan keberanian ketika Trump mencercanya.

"Saya baru saja berbicara dengan Wakil Presiden Pence. Dia benar-benar pria yang baik dan sopan. Dia menunjukkan keberanian hari ini seperti yang dilakukannya di Capitol pada 9/11 sebagai anggota Kongres. Saya bangga melayani (negara) bersamanya," kata O'Brien.


Baik O'Brien, Pottinger, dan Liddle, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sementara itu, seorang pejabat Gedung Putih menuturkan kepada CNN bahwa Sekretaris Sosial Gedung Putih Anna Cristina "Rickie" Niceta telah mengundurkan diri dari jabatannya terhitung efektif segera.

Niceta menjabat sebagai satu-satunya sekretaris sosial pemerintahan Trump, yang menjabat pada Februari 2017.

Dia menjadi staf senior kedua di East Wing yang mengundurkan diri dari jabatannya setelah kerusuhan oleh massa pendukung Trump pecah di Capitol Hill hari ini.

Sebagai sekretaris sosial, Niceta bertugas mengawasi semua acara di Gedung Putih dari pertemuan kecil di West Wing, Easter Egg Roll tahunan, Halloween, kunjungan kenegaraan, piknik, dan pesta Kongres.

Sebelum menjadi sekretaris sosial, Niceta adalah seorang eksekutif di perusahaan katering Design Cuisine di Washington DC. Melania Trump mempekerjakan Niceta setelah ia terkesan dengan hidangan makan siang perdana di gedung Capitol Hill.

Sebelumnya, Stephanie Grisham selaku mantan Direktur Gedung Putih, Sekretaris Pers, dan Kepala Staf saat ini untuk Melania Trump telah mengajukan pengunduran dirinya pada Rabu (6/1) sore.


Sumber :cnnindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.