Rekomendasi Menu Sarapan Sehat untuk Hari yang Produktif


Menyantap sarapan sehat adalah bekal terbaik untuk menjalani hari yang produktif. Sebab, sarapan sehat dapat memberimu energi sepanjang hari, sekaligus mencegah kamu makan terlalu banyak di siang hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyempatkan waktu di pagi hari untuk sarapan sehat, ya. 
Namun, apa saja sih menu sarapan sehat yang baik dikonsumsi di pagi hari? Tentunya pilihan makanan sehat ada banyak sekali. Untuk mengetahui apa saja menu sarapan sehat yang Halodoc rekomendasikan, simak pembahasan berikut hingga tuntas

Menu Sarapan Sehat yang Baik bagi Tubuh
Untuk menghadapi hari yang produktif, ada beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari, yaitu:

1.Telur
Telur adalah salah satu menu sarapan sehat terbaik di pagi hari. Kandungan protein dalam telur mampu memberi energi dan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok bagi kamu yang akan menjalani hari sibuk. Selain itu, menyantap telur di pagi hari dapat mengurangi keinginan makan terlalu banyak di siang hari. 

2.Oatmeal
Oatmeal mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin B kompleks, magnesium, kalsium, folat, fosfor, kalium, mangan, zat besi, dan antioksidan. Jika kamu terbiasa sarapan nasi, tidak ada salahnya untuk mulai beralih ke oatmeal.

3.Greek Yoghurt
Jenis yoghurt yang satu ini memiliki kandungan kalsium dan protein yang lebih tinggi dibanding yoghurt pada umumnya. Jika dikonsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan sehat, greek yoghurt membuat kamu lebih berenergi. Agar lebih sehat, pilihlah greek yoghurt yang tanpa gula tambahan dan padukan dengan potongan buah-buahan.

4.Buah-buahan
Berbagai macam buah-buahan tinggi akan vitamin, potasium, serat dan juga rendah kalori. Mengonsumsi satu gelas potongan buah-buahan di pagi hari mampu menyediakan 80-130 kalori yang cukup untuk memulai aktivitas. Salah satu jenis buah yang direkomendasikan adalah buah beri, seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry. 

Buah beri memiliki kandungan gula yang rendah, tetapi tinggi serat. Selain itu, buah beri juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, serta menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Kamu bisa menyantap aneka buah beri bersama greek yoghurt, sebagai menu sarapan sehat.

5.Smoothies Berprotein
Berbagai macam makanan sumber protein seperti gandum, telur, dan kacang kedelai mudah diserap oleh tubuh. Jadi cobalah olah menjadi shake atau smoothies untuk menu sarapan di pagi hari. Protein dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga kamu bisa menjalani hari dengan penuh energi.

6.Chia Seeds
Chia seeds adalah salah satu sumber serat terbaik yang bisa dijadikan menu sarapan sehat. Dalam setiap ons chia seeds, terkandung 11 gram serat. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada chia seeds mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang muncul selama proses metabolisme.

7.Kacang Tanah
Selain enak dijadikan camilan, kacang tanah ternyata sangat mengenyangkan dan bergizi. Dengan menambahkan kacang tanah ke dalam menu sarapan sehat, kamu akan mendapatkan asupan magnesium, potasium, dan lemak tunggal tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Itulah beberapa rekomendasi menu sarapan sehat yang bisa kamu coba di rumah. Selain sarapan, penting juga untuk menjaga pola makan sehat di siang dan malam hari. (SG)


Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.